Minggu, 04 November 2012

Tanaman di Kantor Tingkatkan Kualitas Kerja Karyawan

TANAMAN hijau di ruang kerja memberikan pengaruh positif bagi karyawan. Karyawan yang bekerja dalam ruangan dengan tanaman hijau di dekatnya lebih puas dengan hasil kerjanya. Demikian hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.

Andrea Dravigne dan dua orang rekannya melakukan penelitian dengan melibatkan lebih dari 500 responden pekerja kantor. Mereka mecari tahu efek dari tanaman dan jendela di kantor terhadap persepsi kepuasan kerja para karyawan.

Hasil penelitian menunjukkan karyawan yang meletakkan tanaman di ruang kerja atau kantornya menganggap dirinya lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak menempatkan tanaman.

Penelitian tersebut memberikan bukti bahwa karyawan yang bekerja di kantor-kantor yang memiliki tanaman atau jendela, memiliki kualitas hidup lebih tinggi. Hasil penelitian Dravigne dan rekannya itu diterbitkan di jurnal HortScience.

Sementara itu, Eric Lebens, manajer toko tanaman terkemuka Sprout Home di Chicago, menyarankan tiga jenis tanaman yang cocok ditempatkan di ruang kerja. Perawatannya pun tak berlebihan.

Tanaman pertama yang ia anjurkan yaitu Sansevieria atau yang dikenal dengan tanaman Lidah Mertua. "Ini adalah jenis tanaman penyaring udara nomor satu, dan dapat diletakkannya di mana saja karena tanaman ini dapat tumbuh meski hanya dengan cahaya lampu kantor," jelas Lebens.

Kedua yaitu amioculcas zamiifolia atau yang lebih dikenal dengan nama Zamia atau pohon dolar. Tanaman itu sangat mudah dirawat karena tidak perlu terlalu sering disiram. Akar pohon dolar mampu menyimpan kelembapan dengan sangat baik.

"Anda hanya perlu menyiram tanaman ini paling sering dua kali seminggu," katanya.

Selanjutnya adalah Neanthe bella palm. Jenis tanaman palem ini dapat tumbuh dengan sedikit cahaya.

"Banyak orang menyukai tanaman ini, karena bentuknya menyerupai pohon palem biasa namun ukurannya kecil sehingga pas untuk diletakkan di atas meja kerja," jelas Lebens.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar