Minggu, 04 November 2012

Aroma Khas Kopi Indonesia Melegenda

Hampir semua orang menyukai minuman kopi. Selain dapat menghangatkan tubuh dikala musim dingin, kopi juga diklaim bisa mengatasi stres.

Tak perlu diragukan lagi, bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Jenis kopi beragam mulai dari jenis kopi Arabika hingga Robusta dengan aroma dan rasa yang khas.

"Semua kopi unggulan di Indonesia mulai dari Java Coffee, Toraja Coffee, Mandailing Coffee, memiliki jenis biji kopi yang sama, yaitu Arabika," kata Tjahjo Soemirat, Penasehat Kelompok Penikmat Kopi (KPK) dalam acara Welcome Press Confrence Miss Coffee International 2012, yang berlangsung di Coffee Institute, Jakarta, Kamis (1/11).

Menurut Tjahjo, meski banyak wilayah Indonesia memiliki jenis kopi Arabika, ternyata Indonesia juga memiliki jenis kopi Robusta. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dan keunikan jenis kopi yang tidak dimiliki negara lainnya.

Selain itu, sambung Tjahjo, perbedaan ini yang menjadikan aroma kopi yang dihasilkan tiap jenis tersebut berbeda-beda."Ini dikarenakan perbedaan wilayah yang menjadikan aroma masing-masing kopi berbeda. Aroma kopi di wilayah Jawa tentu berbeda dengan aroma kopi Sumatera, Toraja atau Papua," tambah dia.

Semua jenis kopi di Indonesia memiliki cita rasa yang luar biasa dan termasuk dalam jajaran kopi terbaik di dunia.

"Mandailing Coffee yang memiliki rasa tajam dan strong. Namun, kopi tersebut tidak setajam Toraja Coffee karena mempunyai aroma yang kuat dan sangat terasa asamnya," urai Tjahjo.

Jadikan produsen kopi dunia

Sementara Ketua Asosiasi Duta Indonesi, Kutari Sapta Nirwandar menambahkan ajang Miss Coffee ini diadakan antara lain. sebagai upaya untuk menumbuhkan awarness terhadap dunia kopi, dan dapat diwujudkan dengan baik.

"Target kami nantinya bisa menjadikan Indonesia sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia. Saat ini masih nomor tiga setelah Brasil dan Vietnam," ujarnya.

Kuntari menuturkan pemenang Miss Coffee ini akan memperkenalkan kenikmatan kopi di negaranya dan di negara lainya, serta budaya dan objek wisatanya.


sumber

1 komentar: