Minggu, 04 November 2012

Ibu Pekerja Lebih Sehat Ketimbang Ibu Rumahan

IBU yang bekerja memiliki kesehatan mental dan fisik lebih baik ketimbang ibu yang menghabiskan waktu di rumah. Demikian sebuah studi yang dirilis oleh Asosiasi Sosiolog Amerika baru-baru ini.

Para Peneliti dari University of Akron dan Penn State University menemukan, wanita yang kembali bekerja setelah punya anak memiliki lebih banyak energi dan mobilitas. Tingkat depresi mereka pun berkurang pada usia 40 tahun.

"Bekerja baik untuk kesehatan Anda, secara mental, dan fisik. Ini memberi wanita rasa punya tujuan, keberhasilan sendiri, kontrol diri, dan kemandirian. Mereka memiliki tempat di keahlian masing-masing, dan mendapat upah," kata penulis dan asisten profesor sosiologi, Adrianne Frech.

Jika wanita membuat pilihan baik sebelum kehamilan pertama, mungkin sekali kesehatan mereka lebih baik nanti. Contoh pilihan yang baik adalah menunda kehamilan pertama sebelum menikah dan telah menyelesaikan pendidikan. Tidak menunggu lama untuk memutuskan kembali bekerja juga baik untuk kesehatan.

Pekerja penuh waktu biasanya memiliki keuangan yang cukup, memiliki banyak kesempatan untuk dipromosikan, keamanan kerja meningkat dan manfaat lebih daripada wanita yang bekerja paruh waktu. Sementara ibu rumah tangga secara finansial tergantung suami dan berisiko tinggi terisolasi dari lingkungan sosial daripada ibu pekerja.

Penelitian ini melibatkan data dari 2.540 wanita yang menjadi ibu antara 1978 hingga 1995. Bahkan penelitian lebih lanjut menemukan wanita yang mengangur sering dilaporkan mengalami masalah kesehatan. Penulis penelitian menyarankan wanita muda untuk menyelesaikan pendidikan mereka dan bekerja untuk sementara waktu sebelum memiliki bayi.

"Jangan biarkan transisi kehidupan penting seperti pernikahan dan menjadi orang tua membuat Anda tidak menginvestasikan pendidikan dan aspirasi kerja. Karena perempuan lah yang membangun sebuah keluarga," kata Frech.

Pekerjaan membuat Anda lebih sehat dan meminimalisir terjadinya perceraian. Lebih sulit memasuki dunia kerja jika Anda tidak memiliki sejarah kerja yang solid. Jangan menyerah pada pekerjaan dan pendidikan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar