Minggu, 04 November 2012

Telkomsel Pasang WiFi Gratis di 200 Kampus

Operator telepon seluler PT Telkomsel menargetkan pemasangan fasilitas akses internet nirkabel (Wireless Fidelity/WiFi) gratis berkecepatan tinggi di 200 perguruan tinggi di Tanah Air hingga akhir 2012. Akses WiFi Flash Zone ini bertujuan memudahkan layanan data kepada pelanggan, khususnya mahasiswa.

"Saat ini layanan data merupakan kebutuhan dasar bagi para pelanggan, khususnya mahasiswa dan juga pelajar. Bahkan, pertumbuhan pengguna layanan data mencapai double digit," kata Head of Group Area Jawa Bali Telkomsel, Agus Mulyadi usai peresmian Flash Zone di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/11).

Dari total lebih kurang 121 juta pelanggan yang dimiliki Telkomsel saat ini, menurut dia, sekitar 51 juta pelanggan merupakan pengguna layanan data pita lebar (broadband) aktif.

Selain di ITS, dikemukakannya, peluncuran akses WiFi gratis juga dilakukan serentak oleh Telkomsel di Universitas Negeri Medan (UNM), Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Universitas Udayana (Unud) Denpasar, dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Untuk di kampus ITS, operator anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memasang akses WiFi di 15 titik lokasi, seperti gedung fakultas dan area publik layaknya kafe kampus. Menurut Agus, penyediaan layanan WiFi kampus merupakan bagian program sinergi Telkomsel dengan Telkom untuk meningkatkan kualitas layanan data berkecepatan tinggi.

"Setelah lima kampus tersebut, secara bertahap akan dibangun fasilitas di kampus-kampus lainnya dengan target hingga akhir tahun ini bisa mencapai 200 perguruan tinggi, terutama komunitas kampus Telkomsel," ujarnya.

Layanan WiFi gratis di kampus dapat diakses seluruh pelanggan Telkomsel dengan melakukan pendaftaran ke nomor *363*601# untuk masuk dan mendapatkan layanan gratis 180 menit pertama.

Setelah masa layanan gratis habis, pengguna bisa membeli paket Flash Zone dengan harga sesuai kantong mahasiswa mulai Rp2.000 atau paket per jam, harian hingga bulanan.

Agus mengemukakan, mahasiswa dan anak muda, termasuk pelajar, merupakan salah satu segmen pasar yang sangat potensial bagi bisnis seluler saat ini dan ke depan, terutama layanan data.

General Manager Network & Services Telkom Area Jatim Bali Nusra, Ketut Budi Utama, menyatakan layanan WiFi kampus menjadi bagian dari program Indonesia WiFi yang dicanangkan Telkom dengan target sejuta titik akses hingga akhir 2013.

"Sejak program ini diluncurkan pada September 2012, diharapkan sampai akhir tahun sudah terpasang sekitar 100.000 titik WiFi dengan sasaran seperti area publik, lembaga pendidikan atau kampus, dan instansi pemerintah atau swasta," ujarnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar