Senin, 19 November 2012

Ibu Hamil Baiknya Berhati-hati pada Radiasi Ponsel

Ibu yang sedang hamil sebaiknya berhati-hati saat menggunakan ponsel. Mengapa?

Hasil riset terkini yang dilakukan para peneliti di Yale School of Medicine mengungkap paparan radiasi ponsel dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Bahkan, radiasi itu dapat mengakibatkan kondisi hiperaktif pada bayi setelah lahir.

Dr Hugh Taylor, peneliti yang terlibat dalam riset mengungkapkan, ia dan rekan-rekannya meneliti dampak dari paparan ponsel pada kehamilan.

"Kami menggunakan tikus-tikus hamil di kandang dan kami menempatkan ponsel di atas kandang. Ponsel diaktifkan pada separuh tikus, sementara pada separuh tikus lainnya ponsel dimatikan sehingga tidak ada transmisi sinyal sama sekali," jelasnya.

Para peneliti kemudian menunggu tikus-tikus tersebut melahirkan sampai anaknya tubuh dewasa awal. Hasil menunjukkan tikus-tikus yang terkena radiasi ponsel terlihat lebih aktif, tapi memorinya sedikit menurun. Tak hanya itu, tikus-tikus ini juga tidak memiliki kepedulian dengan lingkungannya.

Beranjak dari temuan itulah, Taylor berpendapat, penelitian tersebut menunjukkan adanya 'dasar biologis' yang menjelaskan bahwa paparan radiasi ponsel bisa berdampak pada janin dalam kandungan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar