Rabu, 21 November 2012

Cara Sederhana namun Cerdas Menjaga Keuangan Anda

Hal-hal kecil bisa berdampak besar dan positif bagi kondisi keuangan seseorang. Caranya yaitu mengubah gaya hidup lebih sederhana. Namun tak sedikit pula orang yang kehabisan uang di akhir bulan karena gaji cepat habis.

Bila kerap mengalami kondisi itu, ada baiknya memutar otak untuk menyelamatkan keuangan Anda. Caranya pun cukup sederhana nampun cerdas menghasilkan uang sebagai berikut:

1. Menjual barang lama
Menjual barang-barang lama yang sudah tidak dibutuhkan lagi bisa menambah pemasukan Anda. Anda bisa menyimpan uang dari hasil penjualan barang-barang lama yang sudah tidak diperlukan lagi tapi kondisinya masih bagus. Untuk menjualnya bisa melalui garage sale atau menjual secara online lewat Facebook, eBay dan Kaskus.

2. Menjadi konsumen cerdas
Konsumen yang cerdas menulis daftar belanjaannya untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Jika Anda memiliki kupon diskon untuk berbelanja, gunakanlah kupon tersebut untuk meminimalisasi pembayaran secara tunai dan mengurangi pengeluaran. Bila perlu, makan terlebih dulu sebelum belanja untuk menghindari jajan di restoran.

3. Bersenang-senang tetapi hemat
Tidak ada salahnya menyewa DVD di toko langganan penyewaan dekat rumah sebagai pengganti menonton film di bioskop. Selain tetap bisa bersenang-senang, Anda juga tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membayar tiket nonton bioskop. Ongkos ke mal pun bisa dihemat, bukan?

4. Memperbaiki segala sesuatunya sendiri
Terkadang kita mengalami masalah secara tiba-tiba yang membuat kita harus mengeluarkan uang. Misalnya pada saat musim hujan, tiba-tiba saja atap rumah bocor. Jika memang bisa diperbaiki sendiri, maka sebaiknya lakukanlah sendiri tanpa harus memanggil tukang untuk memperbaikinya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar