Sabtu, 24 November 2012

Planet Katai Makemake tak Punya Atmosfer

Metrotvnews.com, Madrid: Para astronom berhasil memperoleh sebuah gambar penting dari planet kerdil Makemake. Astronom menemukan bahwa planet tersebut tidak memiliki atmosfer.

Makemake merupakan salah satu dari lima planet katai di Tata Surya, termasuk planet kerdil Pluto. Makemake selama ini termasuk obyek yang sulit untuk dipelajari.

Pada April 2011, Makemake melintas di antara Bumi dan sebuah bintang jauh. Tim internasional pimpinan Jose Luis Ortiz dari Institusi Astrofisika Andalusia di Spanyol memanfaatkan momen itu untuk mempelajarinya dengan tujuh teleskop di Brasil dan Cile.

Mereka mengamatinya saat planet kerdil ini memblokir cahaya bintang jauh Nomad 1181-0235723, hanya dalam waktu sekitar semenit.

"Saat Makemake melintas di depan bintang dan memblokirnya, bintang menghilang dan kembali muncul dengan tiba-tiba, bukannya kabur. Dan bercahaya secara bertahap," kata Ortiz.

"Ini berarti bahwa planet kerdil itu tidak memiliki atmosfir yang signifikan. Diyakini bahwa Makemake memiliki kesempatan bagus untuk mengembangkan atmosfir," tambahnya.

Menurutnya temuan ini menjadi sebuah langkah besar untuk mempelajari sejumlah planet es kerdil.

Sebelumnya, ukuran Makemake diketahui sekitar 2/3 ukuran Pluto. Pengukuran selanjutnya menunjukkan bahwa planet itu berbentuk elips. Secara vertikal jarak Makemake sekitar 1.430 km dan 1.500 km secara horisontal.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar