Minggu, 04 November 2012

Bagaimana Otak Mengendalikan Kebiasaan Manusia

Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengidentifikasi area otak yang bisa mengalihkan antara kebiasaan baru dan lama. Ilmuwan mengatakan, kebiasaan (habit) merupakan perilaku yang terkait erat dengan otak manusia, yang bekerja secara otomatis.

Dilansir Machineslikeus, Jumat (2/11/2012), kebiasaan keseharian ini memungkinkan Anda untuk menjalani rutinitas yang sama dan bekerja setiap hari tanpa perlu memikirkan aktivitas apa yang akan dilakukan berikutnya. Studi baru yang dilakukan ahli saraf MIT, menemukan bahwa daerah di otak prefontal cortex, di mana bagian ini merupakan area perencanaan dan pemikiran yang paling sering terjadi, bertanggungjawab untuk mengontrol kebiasaan di waktu tertentu.

"Kami selalu berpikir, nilai kebiasaan adalah Anda tidak perlu berpikir tentang hal itu. Ini membebaskan otak Anda untuk melakukan hal-hal lain," ujar peneliti dari McGovern Institute Brain Research di MIT. Ia mengatakan, kebiasaan ini tidak berarti membebaskan pikiran Anda. Akan tetapi, ada beberapa bagian dalam cortex Anda yang ditujukan untuk mengontrol aktivitas tertentu.

Studi baru ini menawarkan harapan untuk mereka yang mencoba untuk menyingkirkan kebiasaan buruk. Studi yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini juga mengungkap, meskipun kebiasaan itu telah melekat dengan erat pada diri seseorang, kemungkinan intervensi dalam wilayah otak masih bisa terjadi.

Penelitian ini diharapkan dapat mengobati orang yang menderita kelainan yang melibatkan perilaku kebiasaan. Gangguan tersebut misalnya obsessive-compulsive disorder (OCD).

Wikipedia menerangkan, obsessive-compulsive disorder merupakan penyakit mental yang menyebabkan pemikiran dan tindakan yang berulang dan tidak diinginkan. Ada beberapa tipe OCD, salah satunya yaitu tipe Checkers.

Biasanya, pengidap OCD dalam tipe Checkers memiliki kecemasan tinggi untuk selalu memeriksa pekerjaannya. Misalnya, mengecek pintu berulang-ulang untuk memastikan apakah pintu sudah terkunci dengan benar dan sebagainya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar