Rabu, 21 November 2012

Apakah Anda Termasuk Pekerja Kreatif

Beberapa orang terlahir dengan bakat kreatif secara alami. Namun tak sedikit pula orang yang tak memiliki bakat itu.

Kreativitas memang tak datang dengan mudah dan dipaksakan. Namun Anda bisa melakukan kebiasaan memicu timbulnya kreativitas seperti berikut:

1. Sering membaca
Membaca akan memperkenalkan Anda pada karakter baru dan berimajinasi mendapatkan inspirasi kreatif dari buku. Buku baru dengan cerita inspiratif baru akan membawa Anda mengenal tempat baru.

2. Mendengarkan musik
Jika ingin suasana hati mencerminkan kreativitas Anda, ubahlah sesuatu yang didengar. Misalnya merubah irama musik untuk mendapatkan kreatifitas.

3. Peduli dengan lingkungan
Anda akan menjadi pribadi yang tertutup dan kurang kreatif jika tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Padahal lingkungan sekitar seperti lanskap indah. Pakaian menawam pada dasarnya bisa menjadi sumber inspirasi.

4. Melakukan perjalanan
Pemandangan, suara, dan bau dapat menginspirasi kreativitas. Dalam bepergian, luangkan waktu berbicara dengan penduduk setempat dan mencatat semua yang dilakukan selama perjalanan.

5. Berdandan
Luangkan waktu ekstra untuk mengenakan pakaian lucu, menata rambut, dan mengenakan makeup. Semakin Anda percaya diri semakin Anda merasakan ide-ide kreatif.

6. Berolahraga
Berolahraga akan memicu adrenalin. Kebiasaan itu akan memicu kreatifitas, membuat diri rileks, dan melupakan masalah Anda.

7. Minum teh
Sering meminum teh akan membuat diri santai dan otomatis ide kreatif akan muncul.

8. Membawa notebook ke mana saja
Membawa gadget adalah gagasan bagus jika tidak ingin melupakan ide yang tiba-tiba muncul. Anda pun bisa segera menuliskannya segera.

9. Merapikan tempat kerja
Ruangan kerja berantakan akan mengalihkan perhatian Anda untuk tetap fokus pada ide-ide yang inspiratif.

10. Mendapatkan kritik konstruktif
Teman dan kolega yang dipercaya memberikan umpan balik apa yang Anda kerjakan disebut kritik konstruktif. Kritik membangun itu bisa menjadi sumber ide baru.

11. Mencoba sesuatu yang baru
Pengalaman baru berarti sumber inspirasi baru untuk kreativitas Anda. Terlepas dari apakah Anda menyukainya atau tidak, belajar sesuatu yang baru sama dengan menambah kreatifitas.

12. Bersenang-senang
Mencoret-coret sesuatu yang konyol untuk ditertawakan atau menonton film lucu adalah kebiasaan kreatif sekaligus menyenangkan. Pasalnya Anda berada dalam suasana hati yang baik untuk menjadi lebih kreatif.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar