Senin, 19 November 2012

Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara, sesuai dengan namanya kanker tersebut berawal di jaringan payudara. Kanker payudara umumnya sangat mematikan ketika sudah mul

ai menyebar ke jaringan lain di sekitarnya. Kanker payudara tidak hanya diderita wanita, tapi juga bisa mengenai pria. Sekitar 400 pria meninggal akibat kanker payudara setiap tahunnya.

Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kanker, tapi beberapa faktor bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker, misalnya:

1. Usia
Satu faktor resiko terbesar kanker payudara adalah usia. Usia rata-rata wanita yang didiagnosis kanker payudara adalah awal 40-an tahun. Sedangkan pada pria biasanya mulai pada usia 60 tahun.

2. Genetik
Risiko terkena kanker payudara akan meningkat, jika ada kerabat dekat yang pernah menderita kanker payudara.

3. Sejarah pribadi
Wanita yang belum pernah hamil, atau yang mengalami kehamilan pertama pada usia di atas 30 tahun lebih beresiko terkena kanker payudara. Selain itu, menyusui dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker payudara (semakin panjang masa ibu menyusui, semakin rendah wanita terkena kanker payudara).

4. Pola makan yang tidak sehat dan mengalami obesitas
Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Meskipun tidak ada jenis makanan khusus yang meningkatkan resiko kanker payudara pada seseorang. Untuk kesehatan dan penurunan resiko kanker payudara, wanita disarankan melakukan diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan kaya buah dan sayur.

5. Merokok dan sering mengonsumsi alkohol
Banyak penelitian menunjukan, bahwa kadar tinggi asupan alkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Umumnya, semakin banyak anda meminum alkohol, semakin tinggi resiko terkena penyakit kanker payudara.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar