Minggu, 04 November 2012

Pesawat Antariksa Atlantis Dipensiunkan

Setelah berkelana sekitar 200 juta kilometer dalam 33 penerbangan ke antariksa, pesawat ulang-alik Amerika Serikat, Atlantis, kini melakukan perjalanannya yang terakhir.

Jumat (2/11) pagi, Atlantis, satu dari tiga pesawat ulang-alik terakhir NASA yang akan dipensiunkan, meninggalkan Gedung Perakitan Kendaraan di Pusat Antariksa Kennedy, Florida, untuk perjalanan yang relatif singkat sejauh 16 kilometer ke kompleks pameran.

Kompleks pameran itu yang menampilkan Atlantis secara permanen di tempat itu akan dibuka untuk umum bulan Juli tahun depan.

Dalam persiapan pemindahan itu, para pekerja untuk sementara memindahkan 120 tiang lampu, 23 lampu lalu lintas, 56 rambu lalu lintas dan satu tiang listrik bervoltase tinggi dari jalur yang dilaluinya.

Atlantis pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Ini merupakan pesawat ulang-alik NASA terakhir yang melesat ke orbit Bumi, lebih dari setahun lalu, dalam penerbangan yang mengakhiri tiga-dasawarsa program antariksa itu. Pesawat itu kini merupakan yang terakhir dipamerkan kepada publik.

sumber

1 komentar: