Rabu, 21 November 2012

Kenaikan Gaji hanya Memberikan Kebahagiaan Sesaat

Kenaikan gaji hanya membawa kebahagiaan dan manfaat singkat. Justru, bekerja dari rumah dapat meningkatkan nilai hidup di bidang keuangan. Sementara pekerja yang bahagia dan puas dengan bayarannya cenderung sedikit mengalamo konflik di pekerjaan maupun keluarganya.

Demikian dikatakan sebuah studi atas kenaikan status keuangan seseorang. Studi tersebut membandingkan kebahagiaan seorang pekerja dengan pendapatan yang mereka terima.

"Saya pikir kebanyakan orang akan setuju tingkat tertentu gaji memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan. Namun di luar peningkatan itu, gaji relatif menjadi masalah karena dilihat dari persepsi kepuasan,"jelas Profesor Amit Kramer dari University of Illinois.

Sekali pekerja mencapai tingkat gaji yang cukup, mereka akan mengalihkan fokus dari gaji sebelumnya. Mereka pun cenderung memenuhi ketidakpuasan dari gaji sebelumnya. Mereka pun cenderung membandingkan gaji rekan kerja.

Studi menunjukkan efek kenaikan gaji pada kepuasan membayar hanya memiliki hubungan moderat yang tidak berlangsung lama. Sebagai contoh, ketika karyawan mengganti pekerjaan, mereka mengevaluasi kembali gajinya dan lebih mungkin untuk mengubah kepuasan gaji. Itu dilakukan bukan karena mendapatkan kenaikan gaji, melainkan akibat aspek sosial

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar