Sabtu, 24 November 2012

Eropa-Rusia Eksplorasi Mars pada 2016

Metrotvnews.com, London: Eropa bersama Rusia telah menyusun rencana bersama untuk melakukan ekplorasi Planet Mars.

Anggota Lembaga Antariksa Eropa (ESA) mengatakan mereka sepakat memberikan peran penting kepada Rusia dalam misi ekplorasi di planet merah itu pada 2016 dan 2018 mendatang.

Kerjasama tahap pertama dalam proyek ini adalah pemantauan gas metana dan gas lain yang berada di atmosfer Mars. Eropa dan Rusia akan melakukan pemantauan dengan satelit khusus.

Selanjutnya, mereka akan melakukan eksplorasi terhadap permukaan planet tersebut. Rusia terlibat dalam proyek eksplorasi Mars bersama ESA setelah sebelumnya AS mengundurkan diri pada awal tahun ini.

Sebelum Rusia masuk, proyek yang disebut dengan ExoMars ini sempat terancam berhenti. Namun, keinginan Rusia untuk bergabung dan mengambambil-alih sejumlah peran yang ditinggalkan AS membuat ExoMars kini punya pijakan lebih pasti dalam melanjutkan programnya.

Sejumlah anggota ESA terlihat senang dengan kemajuan yang didapat ini. Pejabat di ESA mengatakan kemitraan dalam program ExoMars ini akan menjadi semacam pemicu untuk program ekplorasi terhadap planet lain.

"Kami memiliki kesempatan lain untuk mempertimbangkan kerjasama yang lain seperti misi di Planet Jupiter," kata Kepala Hubungan Internasional di ESA, Frederic Nordlund.

"ESA telah memilih pesawat antariksa bernama Juice untuk melakukan misi yang lebih luas di Jupiter dan Rusia memiliki rencana untuk melakukan eksplorasi terhadap Ganymede-bulan terbesar Jupiter- yang tentu menarik bagi Eropa," tambahnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar