Selasa, 02 Oktober 2012

7 Gitaris Wanita Indonesia Paling Berpengaruh

Buat sharing kali ini, Pimz bakalan ngebagiin informasi tentang 7 Gitarist wanita paling berpengaruh di Indonesia. Urutan berikut bukan karena popularitas atau teknik. Tapi merupakan rangkuman setelah Pimz blogging sana-sini, kemudian menyesuaikan dengan rataan posisi di beberapa sumber tersebut. Yo wes... mari kita lihat hasil dari 7 gitarist wanita paling berpengaruh di Indonesia Ini.

1. CHUA KOTAK

Buat urutan pertama ada cewek kelahiran Makassar, 3 April 1988. Doi adalah Chua Kotak. Cewek yang satu ini udah mulai kenal sama dunia musik sejak duduk di bangku SMP. Gadis bernama lengkap Swasti Sabdastantri yang akrab dipanggil Chua ini makin mengibarkan sayap ketika mulai berkuliah. Karirnya makin berkembang setelah pada saat manggung bersama band dikampusnya, seorang manajer indie label V-mail.Hingga akhirnya doi manggung di banyak acara. Tak lama kemudian, karir Chua kian berkembang. Ia diangkat sebagai bassist Kotak dalam pembuatan album kedua mereka. Chua merupakan bassist ketiga Kotak, setelah band ini ditinggalkan Prinzes 'Icez' Amanda yang menjadi personel T.R.I.A.D. dan Nissa Hamzah yang hijrah ke Omelette.





2. MITHA THE VIRGIN

Gadis bernama lengkap Cameria Happy Pramita ini lahir di Jakarta, 2 Januari 1986. Gitar sudah dikuasainya sejak remaja. Bahkan saat masih SMP doi udah mulai ngeband bareng teman-temannya. Mitha sempat juga membentuk band bernama Million Sekarsari, lalu sempat menggantikan posisi Ayu Ratna di Garasi Band. Perjalanan karirnya menanjak saat Ahmad Dhani tertarik merekrutnya. Ia didaulat menjadi gitaris The Rock versi Indonesia yang menjadi trigger lonjakan karirnya. Sukses di The Rock, Mitha dipercaya membentuk grup yang masih di bawah naungan menejemen Ahmad Dhani juga bernama The Virgin. Karir musiknya tumbuh pesat dengan The Virgin, disamping juga menjadi player buat beberapa track lagu Mulan Jameela. Antara lain di lagu Cinta Mati II dan Cinta Fitri. Selain tentunya diikut sertakan juga dalam proyek T.R.I.A.D. nya Ahmad Dhani sebagai gitaris.



3. PRISA RIANZI

Nama di urutan ketiga, pastinya nggak kalah beken dari dua sebelumnya. Doi adalah Prisa Adinda Arini Rianzi. Menguasai permainan gitar di atas rata-rata. Sepertinya musik bergenre metal, dengan teknik cepat serta penthatonik yang absurd mempengaruhi permainan gitar doi. Itu semua merupakan hasil karena influencenya seperti God Forbiden, Trivium, As I Lay Dying, Killswitch Engage, Shadows Fall, Megadeth, Slayer, Unearth, Lamb of God, The Black Dahlia Murder. Trash Metal banget yo.
Doi kelahiran Jakarta, 6 Januari 1988 ini sempet terpilih menjadi gitaris Sheila On 7. Sebagai additional player untuk promo album SO7 di bulan Juli 2006, serta gitaris J-Rock untuk lagu Kau Curi Lagi pada Agustus 2007. Hingga akhirnya Prisa berhasil, dan pada Juli 2008, ia merilis album solo pertamanya bertajuk PRISA - bukan hanya sebagai gitaris tapi juga ikut menulis beberapa lirik.



4. TASHEA NICOLE DELANEY

Pimz letakan urutan keempat kepada seorang gitarist handal yang memulai karirnya dari gerakan bawah tanah, bernama Tashea. Doi adalah Gadis kelahiran Jakarta, 10 Juli 1988. Belajar gitarnya sendiri secara otodidak, dan akhirnya mendirikan sebuah band bernama Painkiller pada 2003. Dan akhirnya bersama bandnya ini, doi meluncurkan album indie. Gadis blasteran Texas-Medan ini menghasilkan album kompilasi bertajuk METALIK KLINIK 9, Pada tahun 2008. Selain bergerak dalam bawah tanah, Tashea pun merambah kalangan major label. Saat ia didaulat menjadi mentor untuk lagu berbahasa Inggris milik band Radja, yang akhirnya sekalian membawanya menjadi model video klip Sama-Sama Suka milik Radja.



5. DODO D'CINNAMONS

Udah dari bawah tanah lewat Tashea. Kita beralih kepada seorang gitarist wanita bernama asli Diana Widoera, atau kita kenal dengan nick name Dodo. Yoa, Dodo adalah vokalis sekaligus gitarist buat band bernada harmonik, bernama D'Cinnamons. Doi merupakan salah satu orang pendiri resmi D'Cinnamons pada 2004. Suaranya yang berat memberikan warna khas pada D'Cinnamons, apalagi lantunan gitar akustiknya jika sudah mulai bermain. Dodo bisa dibilang jadi salah satu gitaris plus vokalis yang patut dilirik. Permainannya yo.







6. OPPIE ANDARESTA

Muncul pertama kali di belantika musik tanah air dengan gitar dan suara merdunya, gitarist wanita kelahiran Jakarta, 20 Januari 1973 ini benar-benar mendapat tempat di hati pecinta musik Indonesia. Lima album udah doi hasilkan sejak berkarir di tahun 1993. Akan tetapi seiring dengan kesibukan, mungkin juga rutinitas lain. Perjalanan karirnya belakangan ini sedikit menurun. Terakhir kali di tahun 2009, doi 'hanya' meluncurkan satu single berjudul I'm Single, I'm Very Happy. Single ini diluncurkan - tanpa album, sebagai rasa prihatinnya Oppie terhadap maraknya pembajakan di negeri ini.



7. JOJO DRAVEN

Usai dari gerakan major yang mainstream, dan gerakan bawah tanah, sekarang kita berlih ke gerakan luar negeri. Yaps, Pimz memberikan satu nama gitarist yang bernama Jojo. Namanya emang jarang kedengeran di Indonesia. Itu bisa di maklumin karena gitarist berdarah Jawa ini, memang namanya lebih dikenal di luar negeri. dahsyatkan. Karirnya dimulai saat doi menjadi keyboardis beberapa band rock, sebelum akhirnya doi pindah ke Amerika. Selain pindah ke Amerika, dulu doi juga menimba ilmu musik di Musicians Institute in Hollywood, California. Pada tahun 1996, gitaris yang bernama Josephine Soegijanty ini bergabung dengan band cewek bernama Phantom Blue. Hingga akhirnya band itu bubar pada 2001.


1 komentar: