Senin, 19 November 2012

'Ngemil' Sehat untuk Para Pekerja

Kesehatan para pekerja dihadapkan pada sederet masalah mulai dari stres, tekanan darah, hingga risiko serangan jantung. Biasanya, para pekerja memanfaatkan masa cuti untuk membebaskan diri dari masalah tersebut.

Tapi saat kembali bekerja, masalah itu kembali melanda. Makanan pun menjadi pelarian. Tapi, para pekerja sebaiknya pintar-pintar memilih makanan yang bisa meringankan sederet penyakit, seperti:

1. Salad buah
Antioksidan dalam buah mampu bekerja melindungi tubuh dari penyakit penuaan, seperti demensia dan juga Alzheimer. Selain rendah kalori, buah juga tinggi akan serat yang membuat perut terasa penuh. Sehingga keinginan untuk mengonsumsi junk food bisa dihilangkan. Vitamin yang terdapat dalam buah juga membantu untuk menjaga pikiran tetap fokus saat bekerja.

2. Kismis
Jenis anggur yang dikeringkan ini mampu melindungi tubuh dari serangan anemia karena kekayaan zat besi yang dimilikinya. Kismis dikatakan sebagai camilan untuk pekerja karena biasanya pekerja sangat rentan terkena anemia.

3. Kacang mede
Kaya akan vitamin, mineral, protein, dan juga serat. Pekerja yang banyak mendapat masalah seputar pekerjaan, biasanya cenderung terkena serangan jantung lebih besar. Maka dari itu, jenis kacang yang satu ini sangat baik dikonsumsi sebagai camilan. Pasalnya kandungan yang disebutkan mampu melawan lemak tak jenuh yang mencegah penyakit jantung.

4. Kenari
Selain kacang mede yang menghalangi serangan jantung bagi para pekerja, konsumsi segengam kenari saat istirahat juga akan menguras risiko penyakit jantung. Kenari juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan tringliserida dan memberikan perlindungan dari penyakit jantung.

5. Kurma
Fruktosa dan glukosa alami dalam kurma merupakan bentuk alami rasa manis nan sehat. Selain nikmat dijadikan sebagai camilan, kurma menjadi makanan ringan yang menambah energi tubuh lebih cepat.

6. Pistachio
Sejenis kacang yang mampu meminimalisir risiko akibat stres akut para pekerja. Selain itu, pistachio juga akan mengurangi tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi penyebab penyakit jantung.

7. Popcorn
Bukan hanya nikmat dijadikan camilan saat menonton film kesayangan. Popcorn yang dibuat dengan sedikit mentega rendah lemak ini merupakan camilan super yang padat gizi. Popcorn diteliti mampu menenangkan psikologis saat seseorang di bawah tekanan sekalipun.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar