Rabu, 21 November 2012

Perhatikan Kinerja Anda sebelum Minta Kenaikan Jabatan

Setiap pekerja pasti menginginkan peningkatan karier dalam profesinya. Melakukan tugas dengan baik dan tepat waktu bukan satu-satunya faktor untuk mengetahui seberapa siap Anda mendapatkan kenaikan jabatan. Namun, mental baja dan fisik yang prima pun menjadi pertimbangan.

Anda sudah bekerja mati-matian namun merasa kurang mendapat perhatian? Anda tak perlu berkecil hati. Anda dapat menuntut perhatian tersebut. Namun sebelumnya, Anda perlu mengenali kinerja sebelum mengajukan tuntutan tersebut, sesuai dengan fakta berikut:

1. Lihatlah hasil kerja Anda
Apakah tugas Anda sudah sempurna atau hanya sekedar selesai. Mungkin saja pekerjaan Anda yang di bawah standar dari rata-rata yang diminta pihak atasan. Sehingga Anda dicap sebagai pegawai yang memiliki kinerja biasa saja. Jadi perusahaan menilai Anda belum layak untuk naik pangkat.

2. Berbicara sopan
Usahakan untuk tidak selalu membela diri ketika ditegur oleh atasan. Namun jika hal yang Anda lakukan benar, tetaplah berbicara sopan terhadap atasan.

3. Perhatikan cara Anda mengambil keputusan
Kebiasaan lain yang membuat Anda tak juga mendapat tawaran kenaikan jabatan adalah selalu membuat keputusan dengan terlalu cepat dan dipaksakan. Padahal cara memutuskan sesuatu merupakan salah satu nilai dari kualitas hidup seseorang.

4. Bersikap tegas
Anda perlu bersikap tegas dalam pekerjaan, termasuk pada atasan. Langkah tutup mulut bisa dianggap sebagai cara selamat. Namun hal tersebut bisa jadi akan mengurangi nilai kemampuan Anda dalam memimpin.

5. Jaga kredibilitas
Berkata dan bertindak yang tidak sesuai dengan ucapan kebiasaan yang negatif. Pastikan Anda menjauhi perilaku ini. Perilaku itu akan menghancurkan kredibilitas dan karier Anda dengan cepat.

6. Ikuti ritme kerja rekan
Cobalah untuk mengikuti ritme kerja rekan kerja yang lainnya. Bila perlu, bekerjalah lebih cepat dari yang diharapkan atasan. Langkah itu akan menambah penilaian Anda dalam hal ketepatan waktu.

7. Pelajarilah teknologi baru
Bukan hanya untuk sekedar gaya, hal tersebut akan membuat Anda dicap sebagai pegawai yang ketinggalan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar