Rabu, 21 November 2012

Anak Takut ke Dokter Gigi, Salah Orang Tua

Rasa takut mengunjungi dokter gigi biasa terjadi pada anak. Menurut studi terbaru, ketakutan anak akan dokter gigi ternyata merupakan kesalahan orang tua. Menurut ilmuwan dari Rey Juan Carlos University of Madrid, orang tua berperan penting mentransfer rasa takut terhadap dokter gigi dalam keluarga.

"Adanya transmisi emosional ketakutan terhadap dokter gigi teridentifikasi memiliki hubungan dengan peran ayah yang juga mendapatkan phobia tersebut dari sang ibu," ujar salah satu peneliti.

Studi di Autonomous Community of Madrid melibatkan 183 anak berusia antara 7 dan 12 tahun bersama orang tuanya. Hasilnya sejalan dengan penelitian sebelumnya di mana tingkat ketakutan antara ayah, ibu, dan anak sangat berkaitan.

Rasa takut yang tumbuh dalam diri anak-anak biasanya didapat dari situasi yang mereka lihat ketika sang ayah mengunjungi dokter gigi. Ini sangat berpotensi menimbulkan stres pada anak.

Cara mengatasi rasa takut dalam diri anak adalah melalui peran kedua orang tua yang menunjukkan dirinya bisa mengatasi rasa takut. Sebaiknya ayah ikut masuk ke dalam ruang periksa dokter gigi dan menunjukkan pada anak, tak ada yang perlu dikhawatirkan di sana. Studi ini sudah dipublikasikan di International Journal of Paediatric Dentistry.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar