Rabu, 21 November 2012

Talenan Ternyata Lebih Kotor dari Toilet

Siapa bilang toilet merupakan bagian rumah yang paling jorok? Justru sebuah penelitian menyebutkan sebuah ruangan lain dalam rumah yang paling tidak bersih yaitu dapur. Bahkan alas pemotong alias talenan lebih kotor ketimbang dudukan toilet. Anda tak menyangkanya, bukan?

Profesor mikrobiologi dari University of Arizona, Dr Chuck Gerba, meneliti bagaimana penyebaran penyakit di lingkungan tempat tinggal. Studi itu meliputi peralatan rumah tangga dan memastikan berapa banyak bateri yang berkembang di sana. Dia terutama meneliti masalah bakteri seperti E.coli dan Staphylococcus aureus.

Dalam studinya dia menemukan bahwa rata-rata bakteri yang terdapat di dudukan toilet mencapai 50 per inci persegi. "Ini merupakan benda yang paling bersih yang Anda lihat dapat kaitannya dengan mikroorganisme," kata dia. Tetapi dia menambahkan pembersih bakteri untuk tempat duduk toilet banyak tersedia.

Berikut daftar benda paling 'jorok' di rumah:
1. Talenan atau alas pemotong
Menurut Gerba, bakteri di talenan berjumlah 200 kali lebih banyak dari dudukan toilet. Bakteri pada talenan berasal dari potongan daging atau jeroan hewan yang banyak mengandung bakteri.

"Jadi Anda sebaiknya memperlakukan talenan anda seperti pada dudukan toilet yaitu kerap membersihkannya," kata Gerba.

Orang lebih banyak khawatir penyebaran bakteri melalui toilet sehingga lebih sering membersihkannya secara rutin. Tetapi talenan sering luput untuk dibersihkan.

2. Spon atau lap
Peralatan yang mengandung banyak bakteri di rumah kita adalah spon dapur atau lap. Spon mengandung 10 juta bakteri per inci persegi, dan jutaan bakteri di kain untuk mencuci piring.

Dengan kata lain, sebuah spon dapur ternyata 200 ribu lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Kain untuk mencuci piring 20 ribu lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

"Spon dapur sejauh ini selalu menjadi yang paling kotor," kata John Oxford, profesor ilmu Virologi di University of London dan pemimpin di the Hygiene Council- sebuah badan internasional yang membandingkan standar ilmu kesehatan di seluruh dunia.

Sebuah studi terakhir mengambil sampel dari rumah di sembilan negara yang berbeda. Peneliti menemukan 21 persen dari lap pembersih dengan memiliki kontaminasi tingkat tinggi. Lap juga dapat mengandung bakteri Ecoli.

Studi itu juga mengidentifikasi bakteri dari satu rumah ke rumah lainnya dan berbeda-beda di satu negara dengan yang lainnya.

3. Lemari es dan kamar mandi
Arab Saudi memiliki lemari es terkotor. Dalam penelitian, 95 persen lemari es gagal dalam tes bakteri Ecoli. Di Afrika Selatan, bagian terkotor adalah kamar mandi, dengan jumlah dua pertiga memiliki tingkat E.coli yang melebihi batas dan 40 persen jamur.

3. Keranjang belanja
Fasiltas umum itu merupakan salah satu tempat terkotor di supermarket. Penelitian Gerba itu didukung juga sejumlah kalangan di dunia.

Sementara itu, tingkat kebersihan di Australia dan Kanada lebih baik dibandingkan negara lain. "Kami menemukan bahwa negara seperti Australia dan terutama Kanada berada dalam daftar tertinggi kesehatan. Negara yang berada di urutan bawah antara lain India dan Malaysia."

Gerba mengatakan selain rumah, kantor pun bisa jadi tempat yang kotor. "Banyak orang tidak menyadari mereka akan terpapar kotoran ketika menerima telepon, karena tidak pernah membersihkannya.Rata-rata desktop memiliki jumlah bakteri 400 kali lebih banyak dibandingkan dudukan toilet."

Selain itu, supermarket juga harus diwaspadai. "Kereta belanja itu juga tempat yang buruk," Gerba memperingatkan. Kemudian, tas belanja yang biasa dipakai ulang juga mengandung bakteri.

"Sejumlah orang menghadapi lebih banyak bakteri dalam tas belanjaan dibandingkan dengan pakaian dalam mereka, karena mereka rutin membersihkannya," tandas Gerba.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar