Sabtu, 08 Desember 2012

Ini Dilakukan Perempuan Saat Stres

Perempuan memang sangat erat kaitannya denga stres. Banyak faktor yang membuat kauh hawa mengalami hal yang tak mengenakan ini.

Mulai dari tumpukan pekerjaan, kemacetan, hingga masalah kecil dalam keluarga. Karenanya, perempuan banyak yang mencari cara untuk menghalau stres, mulai dari menyanyi, berbelanja, olahraga hingga menari.

Dilansir Zeenews, Menuruti studi yang dilakukan di Swedia tersebut, selain berkontribusi bagi kesehatan mental, menari dapat membantu perempuan untuk mengembalikan semangatnya, mengatasi stres dan sakit kepala.

Penelitian yang dipimpin oleh Anna Duberg, terapis fisik di Orebro University Hospital, Swedia, mengatakan, €Menari juga bisa membawa ketenangan yang lebih besar, sehingga perempuan dapat menangani berbagai masalahnya sehari-hari.

Untuk melihat manfaat menari bagi kesehatan emosional perempuan, peneliti melibatkan 112 anak perempuan Swedia berusia 13 hingga 19 tahun. Disebutkan, dalam beberapa kesempatan, responden tersebut berkonsultasi dengan perawat sekolah, karena mengalami gejala seperti kecemasan dan depresi, kelelahan, sakit kepala, punggung, leher, dan nyeri bahu.

Dalam studinya, peneliti membagi menjadi dua kelompok. Diketahui sebanyak 59 peserta masuk dalam kelompok yang teratur menari bersama-sama sebanyak dua hari seminggu, sedangkan 53 peserta lainnya masuk dalam kelompok kontrol dimana mereka diminta untuk tidak mengubah kebiasaan hidup sehari-harinya.

Dari hasilnya, dilihat bahwa gadis yang masuk dalam kelompok tari memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi ketimbang kelompok kontrol. Diketahui, dampak positif tersebut bertahan selama empat hingga delapan bulan, setelah pelatihan tari berakhir.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar