Minggu, 09 Desember 2012

Daftar Makanan Tepat untuk Berusia 40 Tahun

Manusia berusia 40 tahun biasanya identik dengan munculnya keriput pada kulit dan kepala yang mulai botak. Kondisi tubuh menjadi lemah. Gejala kondisi tubuh pun menunjukkan diabetes, kolesterol, dan arthritis.

Namun, Anda dapat menanganinya dengan menonsumsi makan makanan sehat sebagai prioritas tinggi. Bila Anda bingung menentukan makanan terbaik di usia 40, ahli gizi sekaligus Kepala Rumah Sakit Breach Candy, Eileen Canday, di Mumbai, India, membagi daftar makanan tepat untuk Anda, sebagai berikut:

1. Almond
Kacang almon kaya akan asam amino dan vitamin E. Camilan itu cocok untuk mereka yang bermasalah dengan kolesterol dan menjaga kesehatan bagian arteri tubuh.

2. Yogurt
Rajin mengonsumsi yogurt dapat melembutkan dan melembabkan kulit. Sediakan yogurt rendah lemak yang juga mengandung kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

3. Biji rami
Mereka yang mengalami masalah osteoporosis dan kolesterol sebaiknya mengonsumsi biji rami. Bahan makanan itu kaya akan protein, serat, dan omega 3 yang membantu menghapus garis-garis pada kulit serta merendahkan tingkat kolesterol.

4. Biji-bijian
Maksudnya adalah roti terbuat dari gandum, beras cokelat, quinoa, dan gandum. Makanan itu kaya akan serat dan pottasium. Biji gandum membantu melawan kenaikan tekanan darah tinggi dan menjaga bobot tubuh di usia 40-an.

5. Ubi jalar
Orang berusia 40 tahun sebaiknya mendaftarkan ubi jalar pada menu makanannya. Ubi jalar merupakan makanan yang dapat mengurangi efek buruk asap rokok, mencegah diabetes, dan juga meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Selain itu, ubi jalar sarat dengan vitamin C, yang membantu untuk menyehatkan kulit.

6. Susu kedelai
Susu kedelai merupakan minuman tepat untuk mereka yang terkena osteoporosis atau masalah tulang. Susu kedelai kaya vitamin A, B2, B2, kalsium, dan protein untuk kekuatan tulang.

7. Daging sapi
Daging sapi kaya akan zat besi yang membantu mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke sel di seluruh bagian tubuh.

8. Tuna
Ikan tuna merupakan sumber protein namun tak mengandung lemak jenuh. Manfaatnya untuk memberikan nutrisi pada tubuh dan otot.

9. Sayuran berdaun hijau
Bila usia sudah 40 tahun, sebaiknya Anda lebih sering mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sebab, makanan itu mengandung mineral, potasium, magnesium, dan antioksidan lutein.

Nutrisi-nutrisi  ini membantu untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan kepadatan mineral tulang, menurunkan risiko kulit tumor, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

10. Strawberi
Buah imut itu cocok untuk kesehatan kulit karena mengandung antioksidan seperti anthocyanin dan fenol dalam kelimpahan, yang membantu mencegah kerusakan sel.

11. Anggur
Antioksidan juga tersedia dalam anggur merah. Kandungan itu dapat mencegah Apenyumbatan arteri dan menurunkan kolesterol jahat.

12. Salmon
Kekuatan otak di usia 40 akan menurun. Namun, mengonsumsi salmon dapat menghindarkan Anda dari masalah memori seperti demensia dan alzheimer. Sebab, ikan itu mengandung DHA, FPA, dan asam lemak omega 3 yang membantu Anda mengingat lebih cepat.

13. Teh hijau
Teh hijau kaya akan polyphenols yang berfungsi sebagai antipenuaan. Sejumlah penelitian menyarankan teh hijau untuk mengurangi berat tubuh dan lebih sehat.

14. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya asam folic yang membantu mengatur kebutuhan zat besi untuk tubuh dan memperbarui pertumbuhan sel.

15. Bluberi
Buah kecil itu ternyata mampu mencegah munculnya penyakit kanker dan serangan jantung. Meski ukurannya kecil, bluberi ternyata banyak mengandung serat, vitami A, vitamin C, dan zat antioksidan

16. Wortel
Wortel baik untuk kesehatan mata dan kulit. Mengonsumsi wortel setiap hari dapat menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan rheumatoid arthritis.

17. Apel
Satu apel sehari dapat menghindarkan mereka berusia 40 tahun dari alzheimer, parkinson, dan kanker prostat. Apel kaya akan quercetin dan berbagai zat antioksidan.

18. Brokoli
Brokoli mengandung zat antikanker yang kuat karena kaya kalsium, potasium fosfor, vitam A, dan vitamin C.

19. Ara
Bentuknya kecil. Namun ara memiliki potasium, mangan, dan zat antioksidan cocok untuk mereka yang memasuki usia 40 tahun. Ara membantu menjaga tingkat pH yang tepat dalam tubuh sambil menurunkan insulin. Makanya, penderita diabetes perlu mengonsumsi buah tersebut.

20. Kenari
Kenari merupakan makanan pengganti vegetarian pengganti salmon. Kenari kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu otak mereka berusia 40 tahun tetap aktif

sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar