Jumat, 21 Desember 2012

Dinosaurus, Spesies Raksasa dengan Populasi Terbesar

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, mengungkap bahwa dinosaurus merupakan hewan purba yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari yang diperkirakan. Selain itu, di masanya, hewan masa lampau ini juga memiliki jumlah populasi yang besar ketimbang hewan bertulang belakang lainnya.

Dilansir Redorbit, Jumat (21/12/2012), peneliti University of London membandingkan ukuran tulang paha dari 329 spesies dinosaurus yang berbeda. Tim mengukur panjang dan berat tulang paha dengan metode untuk mengestimasi massa tubuh dinosaurus.

Temuan menunjukkan, dinosaurus mengikuti pola kebalikan dari distribusi ukuran tubuh yang terlihat pada spesies vertebrata lainnya. Dalam klasifikasi mamalia, ada kecenderungan beberapa spesies besar, misalnya gajah yang betubuh besar dan tikus dengan ukuran tubuh kecil.

Peneliti mengungkap bahwa saat ini, spesies mamalia kecil memiliki jumlah populasi lebih banyak. Namun, kurang dalam spesies raksasa.

Bukti dari rekaman fosil menunjukkan, lebih banyak spesies dinosaurus besar dan hanya beberapa spesies mamalia kecil. "Ini menandakan, ada kecenderungan spesies ukuran besar yang berubah dengan cepat dalam evolusi dinosaurus di sekira periode Triassic terakhir, yakni 225 juta tahun lalu," ujar David Hone, peneliti dari Queen Mary’s School of Biological and Chemical Sciences.

Ia mengatakan, temuan ini memunculkan pertanyaan tentang mengapa hewan purba ini memiliki tubuh besar. "Dukungan bukti kami menghasilkan hipotesis bahwa dinosaurus muda menempati ruang ekologi berbeda dengan induk mereka," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, dinsoaurus tidak dalam kompetisi untuk mendapatkan sumber makanan, karena mereka memakan tumbuhan yang lebih kecil atau memangsa hewan yang berukuran lebih kecil.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar