Jumat, 21 Desember 2012

Naik Tangga, Bakar Kalori Lebih Banyak

Jika Anda termasuk orang yang memanfaatkan anak tangga di rumah atau di kantor sekaligus sebagai sarana olahraga dan membakar kalori dalam tubuh, penelitian mengungkapkan, menapakinya satu persatu lebih banyak manfaatnya ketimbang melompatinya.Naik satu persatu ternyata membakar lebih banyak kalori daripada melompati dua anak tangga sekaligus.
Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Roehampton menemukan sebanyak rata-rata 302 kalori terbakar ketika menaiki satu persatu anak tangga sepanjang 15 meter. Jauh berbeda jika melompati dua anak tangga sekaligus yang hanya membakar 260 kalori.

Dr Lewis Halsey, dosen senior dalam fisiologi komparatif dan lingkungan di universitas, mengatakan, "Kami tertarik mencari tahu sebanyak apa energy yang dikeluarkan ketika menaiki dua anak tangga sekaligus dan memanjat dengan cepat, atau membawa mereka lebih tenang satu langkah dan mencapai puncak lebih lambat. Dan kesimpulan kami, lebih baik untuk mengambil tangga satu per satu, jika Anda ingin membakar kalori yang paling banyak.”
Dia menjelaskan, mengambil satu demi satu anak tangga mengakibatkan tingkat lebih cepat dari pemendekan otot. Inilah yang menyebabkan meningkatnya energi yang harus dikeluarkan.
Penelitian sebelumnya dari University of Ulster menemukan pekerja kantoran yang memilih menggunakan anak tangga untuk sampai di lantai mereka dengan teratur lebih memiliki kebugaran fisik. meningkatkan kebugaran mereka.
Pemimpin penelitian Rodney Kennedy mengatakan, "Mengingat bahwa perbaikan tersebut diakibatkan kurang dari 30 menit per minggu latihan moderat, naik tangga di tempat kerja harus dipromosikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesehatan fisik."

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar