Jumat, 21 Desember 2012

Facebookers Cenderung Tak Bisa Kendalikan Diri

Bermain facebook sama saja artinya dengan menimbun lemak dalam tubuh karena kecenderungan mereka mengunyah camilan tak sehat. Hal itu karena hilanganya pengendalian diri untuk berhenti mengunyah makanan.Penelitian yang dilakukan Tim dari Columbia University dan University of Pittsburgh menemukan, mereka yang menghabiskan waktu lebih lama dengan berinteraksi sosial lewat jejaring facebook memang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.
Namun sebaliknya, mereka cenderung kehilangan kemampuan pengendalian diri, khususnya menahan diri untuk tidak mengunyah camilan yang tidak sehat. Seperti dikutip dari dailymail.co.uk.
"Menggunakan jaringan sosial online memiliki efek positif pada harga diri dan kesejahteraan. Namun, perasaan ini juga memiliki efek yang merugikan pada perilaku,” seperti ditulis dalam Journal of Consumer Research.
Para ilmuwan menggunakan lima percobaan pada perilaku pengguna Facebook untuk menemukan sifat tersebut. Penelitian menunjukkan hubungan antara penggunaan website dengan rendahnya pengendalian diri terhadap keinginan terus makan dan berapa uang yang harus dikeluarkan.
Tim menemukan para pengguna Facebook erat kaitannya dengan seringnya mengadakan pesta makan sehingga menyebabkan kelebihan berat badan. Akibat dari kebiasan itu, mereka ditemukan banyak memiliki tagihan kartu kredit.
"Mengingat bahwa pengendalian diri adalah penting untuk menjaga ketertiban sosial dan kesejahteraan pribadi, ini efek halus yang bisa berdampak luas. Hal ini terutama berlaku untuk remaja dan dewasa muda yang merupakan pengguna terberat jaringan sosial dan menjadikannya hal yang normal dalam kehidupan sehari-hari mereka," ujar para peneliti.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar