Jumat, 21 Desember 2012

Berat Badan Turun Lebih Cepat Kalau Dibantu Lemak Cokelat

Biasanya tumpukan lemak selalu jadi kambing hitam ketika berat badan mulai tidak terkontrol. Namun ada lemak yang justru dibutuhkan untuk meningkatkan pembakaran kalori sehingga mempercepat penurunan berat badan. Namanya brown fat.

Jika lemak biasa yang warnanya putih atau kekuningan akan menumpuk saat seseorang mengonsumsi kelebihan kalori, brown fat atau lemak cokelat akan memberikan efek berlawanan. Lemak ini akan membakar kelebihan energi untuk menghasilkan panas sehingga suhu tubuh tetap terjaga.

Menurut penelitian, perempuan memiliki lebih banyak proporsi lemak cokelat dibanding laki-laki. Demikian juga orang kurus, lemak cokelatnya lebih banyak daripada orang gemuk atau obesitas karena memang aktivitas lemak cokelat ini akan membakar lemak lainnya.

Dalam kondisi normal dan sedang dalam kondisi aktif, lemak cokelat mampu menghasilkan pembakaran panas 300 kali lebih banyak dibanding organ lain di dalam tubuh. Itu sebabnya, berat badan jadi lebih cepat turun ketika lemak yang satu ini diaktifkan.

Masalahnya, lemak cokelat ini tidak setiap saat berada dalam kondisi aktif. Dalam temperatur ruangan yang panas misalnya, aktivitas lemak cokelat akan menurun karena tubuh tidak membutuhkan panas sebanyak ketika berada dalam temperatur dingin.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan brown fat?

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan lemak cokelat adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (23/10/2012).

1. Matikan pemanas
Sebagai gantinya, nyalakan pendingin ruangan. Hawa dingin akan merangsang aktivasi brown fat atau lemak coklat.

2. Tambahkan lada atau merica
Kandungan capsaicin terbukti bisa memicu aktivisi brown fat.

3. Tinggalkan pusat-pusat kebugaran
Bukan berarti tidak usah olahraga, teapi melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda, jogging di taman atau kalau cukup bernyali, renang di danau akan jauh lebih besar efeknya terhadap aktivitas brown fat.

4. Konsumsi susu dan produk olahannya
Yogurt, susu dan keju bisa membuat brown fat menjadi aktif. Jauhi makanan-makanan olahan, juga makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat terlalu tinggi. Makanan ini memiliki efek berlawanan dengan brown fat.

5. Minum minuman dingin
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman dingin membantu menjaga suhu inti tubuh tetap rendah saat olahraga. Efek ini juga bisa memicu aktivasi brown fat.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar