Sabtu, 08 Desember 2012

Bangun Tidur 'Salah Bantal'? Ini Cara Mengatasinya

Kadang ketika bangun, leher kita terasa keras dan tidak enak untuk digerakkan, seperti ada masalah dengan tulang dan urat leher kita.

Saat mau tidur, Anda sudah memposisikan diri senyaman mungkin di ranjang agar bisa tidur nyenyak. Namun ketika bangun keesokan harinya, Anda merasa leher begitu kaku dan sakit jika menengok ke kanan atau kiri.

Semua orang pernah mengalami tortikolis atau yang dikenal dengan istilah 'salah bantal'. Namun jangan sampai hanya gara-gara 'salah bantal' seluruh kegiatan Anda terganggu karena tidak bisa menoleh secara leluasa.

Tak heran bila saat ini berkembang pula tenaga-tenaga medis yang mampu melakukan gerakan pemijatan chiropractic untuk membantu mengatasi nyeri pada tulang belakang, termasuk masalah "salah bantal" tadi.

Selain menggunakan tenaga medis, salah bantal juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Apa saja?

Kompres dengan air hangat

Dengan mengompres bagian leher yang sakit dengan kain hangat, maka leher Anda akan menjadi lebih rileks dan peredaran darah dapat berjalan lancar kembali.Lakukan sambil menepuk-nepuk bagian yang sakit dengan lembut. Yang tidak kalah penting, Anda harus berada dalam keadaan tenang, dengarkan musik-musik dalam keadaan tenang.

Stretching berlawanan arah

Jika leher Anda sakit saat menunduk, Anda dapat melakukan peregangan dengan menengadah kepala Anda dengan perlahan, misalnya dengan tubuh bersandar pada kursi. Lakukan secara berulang agar otot leher Anda yang sedang kaku bisa segera normal kembali.

Mandi air hangat dan pijat perlahan

Arahkan shower air hangat Anda ke bagian lehar yang sakit selama beberapa saat. Rasa sakit atau ketegangan pada leher Anda akan berkurang. Setelah itu, Anda dapat meminta orang lain untuk memijat bagian yang sakit secara perlahan.

Anda dapat memijat tangan atau kaki Anda sendiri, tetapi beda hal dengan sakit leher yang harus dilakukan oleh orang lain, karena biasanya sakit pada leher akan menjalar hingga tangan.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar