Kamis, 11 Oktober 2012

7 Cara Cegah Kanker Payudara

Oktober ini merupakan Bulan Kewaspadaan Kanker Payudara. Pada bulan ini saatnya pria dan wanita di seluruh dunia bersatu padu mendukung upaya pencegahan kanker payudara.

Kampanye tahunan itu membantu agar kanker payudara menjadi perhatian. Penting bagi tiap perempuan untuk memahami pentingnya deteksi dini dan kewaspadaan kanker payudara. Dua hal tersebut merupakan senjata ampuh untuk memerangi kanker.

Kedua hal itu membantu menyelamatkan ratusan ribu orang, termasuk beberapa tokoh terkenal. Mereka berhasil pulih dari kanker payudara karena terdeteksi sejak dini. Berikut ini kiat-kiat yang dilakukan mereka yang berhasil menang dalam pertarungan melawan kanker payudara.

1. Periksa rutin setiap tahun
Bagi wanita berisiko, penting untuk memeriksakan payudara ke dokter maupun perawat. Bagi mereka yang berusia di atas 47-50 atau lebih, pemeriksaan tahunan merupakan hal penting selain mammogram, yang dilakukan tiga tahun sekali.

2. Periksa payudara Anda secara rutin
Kenali apa saja yang normal dan periksakan diri ke dokter jika terdapat perubahan-perubahan yang mencurigakan.

3. Biasakan pola makan sehat
Bersahabatlah dengan sayur-sayuran dan buah-buahan kaya serat dan antioksidan. Diet rendah lemak terbukti mencegah timbulnya kanker payudara.

4. Jaga berat badan
Penambahan berat badan sama artinya dengan ekstra risiko.

5. Batasi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol merupakan salah satu gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

6. Berhenti merokok
Merokok ternyata bisa berpotensi meningkatkan bahaya perempuan terserang kanker ini.

7. Berolahraga
Untuk mengurangi risiko terkena kanker, World Cancer Research Fund merekomendasikan untuk beraktivitas sedang minimal 30 menit, sedikitnya lima kali seminggu.
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/10/11/060435126/7-Cara-Cegah-Kanker-Payudara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar