Minggu, 28 Oktober 2012

Meteorit yang Makan Korban Jiwa Laku US$1.375

Pelelangan terbesar meteorit diselenggarakan di New York. Dengan total penjualan mencapai lebih dari US$1 juta. Ada lebih dari 125 meteorit yang ditawarkan, dari sekedar benjolan berwarna abu-abu, hingga batuan yang sudah dipoles berkilau mirip permata.  

Namun, tak semua meteorit laku terjual. Ada banyak batu luar angkasa yang diperkirakan akan berharga US$5.000 atau lebih, justru tak diminati. Mereka akhirnya dilepas dengan harga hanya ratusan dolar.

Yang termahal yang ditawarkan dalam lelang adalah meteorit yang asal usulnya dari Bulan. Beratnya 4 pon atau 1,8 kilogram. Di akhir lelang, batu tersebut terjual seharga US$300.000

Paling favorit dan diperebutkan dalam lelang ini adalah potongan Meteorit Seymchan, yang ditemukan ditemukan di Siberia pada tahun 1960. Potongan batu itu setinggi 23 cm, mengandung kristal olivine. Setelah 12 kali penawaran, batu tersebut terjual seharga US$43.750.

Sebaliknya, yang termasuk gagal dijual adalah fragmen besar dari meteorit Tissint asal Mars yang jatuh di Maroko pada tahun 2011 dan meteorit yang menyerupai besi yang ditemukan di Gurun Kalahari, Afrika Selatan. Patokan awal meteorit itu adalah US$175.000 sampai US$225.000.

Setidaknya ada empat komponen yang dipertimbangkan untuk menentukan harga atau nilai sebuah meteorit: kelangkaan, keindahan, ukuran, dan asalnya.

"Kami ingin memastikan bahwa ada sesuatu yang menarik untuk semua orang. Kami juga ingin bersikap adil saat menawarkan sebuah obyek dari luar angkasa," kata Darryl Pitt, konsultan Heritage Auctions, penyelenggara lelang.

Pembeli biasanya mau merogoh kocek dalam untuk untuk potongan-potongan batu dan besi yang berasal dari Bulan dan Mars. Meteorit dari Bulan sangat jarang ada di Bumi, diperkirakan eksistensinya hanya sekitar 61,2 kg.

"Ini adalah material tertua yang bisa disentuh manusia, bahan mentah yang membentuk semua planet," kata Pitt saat menjelaskan mengapa mengoleksi meteorit menjadi sangat menarik.

Salah seorang pembeli yang tidak mau disebutkan namanya, menghabiskan puluhan ribu dolar saat lelang meteorit dari Planet Mars. Baginya, cinta untuk meteorit setara dengan rasa cinta untuk istrinya.

Ada banyak jenis meteorit yang dilelang, seperti sebuah meteorit besi yang saat ditimbang beratnya mencapai 722 kg, besi itu berbentuk seperti batu yang memiliki bintik-bintik seperti nikel.

Ada juga bagian dari Meteor Peekskill yang tertangkap kamera pada 20 tahun lalu, meteor itu jatuh terbakar dari langit dan menghantam mobil Chevy Malibu di New York. Batu itu dijual dengan harga US$16.250.

Juga ada seorang pembeli yang membayar US$1.375 untuk potongan batu meteorit yang pernah memakan korban jiwa saat jatuh ke bumi pada tahun 1972. Nyawa seekor sapi.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar