Kamis, 25 Oktober 2012

556 Juta Penduduk Terkena `Cybercrime`

Ratusan juta orang dewasa di seluruh dunia terkena cybercrime dalam 12 bulan terakhir. Norton by Symantec Indonesia mencatat, jumlah keseluruhan adalah 556 juta orang dewasa.

"Dengan demikian setiap detik sebanyak 18 orang dewasa menjadi korban kejahatan dunia maya, yang mengakibatkan kerugian rata-rata 197 dolar Amerika Serikat (AS) per korban," kata kata Consumer Sales Manager Norton by Symantec Indonesia Rita Nurtika, di Yogyakarta, Rabu (24/10).

Menurut dia, kejahatan dunia maya saat ini tidak hanya dilakukan lewat perangkat komputer, tetapi juga melalui tablet atau smartphone. Kajahatan itu saat ini merambah ke perangkat mobile. "Sebanyak 31 persen pengguna perangkat mobile mengaku menerima pesan yang berupa penipuan, misalnya sms untuk mengirim pulsa," katanya.

Ia mengatakan proteksi paling aman menghindari penipuan dunia maya adalah langsung menghapus pesan-pesan yang mencurigakan, dan memakai antivirus atau sistem pengaman yang berkualitas bagus.

"Selain itu juga perlu mengganti password secara berkala, misalnya tiga bulan sekali, dan menggunakan 'security software' yang bagus dan rutin di-'update'," katanya.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar