Kamis, 25 Oktober 2012

Satu dari 10 Pekerja Alami Depresi

PEKERJAAN yang menumpuk, lingkungan kerja yang tidak kondusif, dan masalah yang datang bertubi-tubi bukan tidak mungkin mengakibatkan pekerja depresi. Lantaran itu, para atasan sebaiknya menaruh perhatian pada pekerja. Sebab bila depresi melanda, produktivitas kerja akan menurun.

Sebuah survei terhadap 7.000 orang di 7 negara Eropa menyatakan sekitar 1 dari 10 karyawan menderita depresi. Mereka mengalami gejala tak mampu menikmati hidup, sedih berkepanjangan, merasa tak berguna, dan suka menyendiri. Kadang kala, mereka mengeluhkan tak nafsu makan, cepat lelah, dan sulit tidur.

Biasanya, banyak karyawan yang mengambil cuti sakit. Akibatnya, produktivitas kerja nyaris lenyap karena performa menurun.

Menurut Vincenzo Costigliola, Presiden EDA, para karyawan yang pernah menderita depresi mayoritas tidak memberi tahu atasan mereka. Sebab, mereka takut pengakuan itu akan mengancam karier.

"Hasil survei ini menunjukkan masih perlunya peningkatan kesadaran dan dukungan bagi pekerja dan atasan untuk mengenali dan mengatur depresi di tempat kerja. Depresi di tempat kerja dampaknya bisa serius karena itu perlu ada perhatian serius," pungkas Costiglioda.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar