Kamis, 25 Oktober 2012

Harga Akuisisi Instagram Merosot

Meski April lalu harga akuisisi awal Instagram senilai USD1 miliar (sekira Rp9,6 triliun), tapi akhirnya Facebook hanya merogoh kocek senilai USD715 juta (sekira Rp6,8 triliun). Hal tersebut terungkap dari pengajuan Securities and Exchange Commision.

Dilansir dari Cnet, Kamis (25/10/2012), raksasa jejaring sosial itu membayar USD521 dalam bentuk saham dan uang tunai. Bukan hanya itu, Facebook juga menambahkan 11 juta saham tambahan untuk pegawai Instagram pada penutupan kesepakatan akusisi September lalu.

Untuk USD521 juta memiliki rincian yang terdiri dari 12 juta lembar saham biasa untuk pemegang saham non-karyawan Instagram dan USD300 juta uang tunai. Sedangkan mengenai 11 juta saham tambahan, nilainya mencapai USD194 juta.

Saat pertama kali mengumumkan akuisisi Instagram USD1 miliar, jumlah tersebut termasuk USD300 juta uang tunai dan sisanya berbentuk saham, yang saat itu senilai USD30,80 per lembar saham. Tapi tak lama setelah kesepakatan tersebut, Facebook melakukan penawaran umum perdana (IPO) dan sahamnya mengalami penurunan, sehingga memengaruhi nilai kesepakatan dengan Instagram.

Akuisisi Instagram oleh Facebook pun baru disetujui pada Agustus lalu, setelah regulator berwenang menyimpulkan bahwa kesepakatan tersebut tidak mengancam persaingan, mengingat aplikasi berbagi foto populer itu tidak menghasilkan uang


sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar