Jumat, 26 Oktober 2012

Rudal Microwave Bisa Menyerang Tanpa Merusak Bangunan

Amerika Serikat menguji sebuah rudal yang bisa melumpuhkan peralatan elektronik tanpa menghancurkan bangunan apapun.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (27/10/2012), rudal eksperimental ini menyemburkan microwave atau gelombang mikro berkekuatan tinggi ke beberapa bangunan target sehingga bisa merusak komputer serta sistem elektronik di dalamnya.

Uji coba yang dilakukan di Utah Test and Training Range pada 16 Oktober lalu telah berhasil membuktikan hal tersebut. Hal ini menandai kesuksesan Counter-electronics High-powered Advance Missile Project (CHAMP) yang digarap Boeing Phantom Works bersama dengan US Air Force Research Laboratory.

"Dalam waktu dekat, teknologi ini bisa saja digunakan untuk membuat  sistem elektronik musuh menjadi tidak berguna, bahkan sebelum kedatangan pasukan maupun pesawat pendahulu," ujar CHAMP Program Manager untuk Boeing Phantom Works, Keith Coleman.

Ide soal penggunaan microwave atau electromagnetic pulses (EMPs) untuk merusak sistem elektronik tanpa menghancurkan kota atau markas militer pertama kali muncul saat uji coba nuklir di Perang Dingin. Ledakan nuklir diketahui menciptakan EMPs yang bisa merusak beberapa jaringan listrik dan fasilitas sipil.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar