Kamis, 25 Oktober 2012

Saat Meeting, Sebaiknya Posisi Tubuh tak Bungkuk

PENGUSAHA maupun karyawan tentunya ingin pertemuan bisnis selalu berjalan lancar. Profesor Amy Cuddy dari Harvard Business School pun menyarankan bahasa tubuh yang tepat agar pertemuan tersebut berjalan lancar.

"Jangan membungkuk saat rapat di kantor. Sebab, itu akan membuat Anda terkesan kecil. Lebih baik berdiri tegak, lurus, dan postur tubuh terbuka," kata konselor bahasa tubuh itu.

Bahasa tubuh memang sangat penting bagi perempuan, apalagi bila pertemuan bisnis dipenuhi Kaum Adam. Menurut Cuddy, perempuan dan laki-laki dapat menggunakan bahasa tubuh untuk mengatur kadar hormon testosteron dan kortisol pemicu kecemasan.

Cuddy sendiri pernah mengalami krisis kepercayaan diri. Saat kuliah, ia mengalami kecelakaan mobil traumatis. Ia divonis mengalami tanda-tanda kerusakan otak sementara waktu. Akhirnya ia kembali ke jalur akademik dengan sukses pada kepercayaan diri berbicara di depan orang banyak.

Kini, Cuddy menyarankan orang-orang dalam bisnis mempelajari bahasa tubuh demi kesuksesan karier. Salah satu caranya adalah berjalan tegak, menegakkan pundak, dan tidak menyilangkan kaki ketika duduk. Orang yang melihatnya pun akan menilai Anda tegas dan percaya diri.

Cuddy juga mengatakan kecenderungan membungkuk akan mengesankan Anda melindungi diri terhadap orang luar. Layaknya insting primata di hutan dalam kerajaan hewan.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar