Kamis, 25 Oktober 2012

Cari Tahu Penyebab Anda tak Bahagia di Kantor

KESUKSESAN karier tercapai bila Anda menjadi pekerja yang dapat diandalkan dan berwawasan luas. Namun kebahagiaan itu tak dapat tercapai secara optimal di lingkungan kerja bila Anda:

1. Menyalahkan
Setiap orang di kantor pasti pernah melakukan kesalahan. Seperti karyawan yang tidak menyelesaikan tugas tenggat waktu dan vendor telat mengirim barang. Mungkin saja kesalahan itu terjadi karena tidak adanya pelatihan yang cukup.

Jangan selalu menyalahkan rekan kerja dan anak buah. Ambil tanggung jawab dan fokus memperbaiki kesalahan agar semua hal berjalan lebih baik lagi.

2. Mudah terkesan
Pakaian bagus, mobil keren, dan sejuta prestasi adalah sesuatu yang berharga bagi Anda. Mungkin saja beberapa orang menyukai tampilan itu tetapi bukan berarti mereka menyukai Anda. Hubungan rekan kerja sejati tidak didasarkan pada substansi bukan hubungan nyata. Sangat mengesankan bila Anda menjadi diri sendiri.

3. Tidak nyaman
Selalu merasa takut dan tidak aman di lingkungan kerja bukanlah kebahagiaan. Sebaiknya lepaskan beban ketakutan Anda dengan mencoba meraih sesuatu yang bisa dikerjakan sesuai kemampuan diri.

4. Menyela
Menyela tidak hanya kasar tetapi sangat mengganggu pembicaraan. Bila ingin disukai, fokus mendengarkan apa yang mereka katakan. Kemudian ajukan pertanyaan untuk memastikan Anda memahami apa yang mereka katakan.

5. Merengek
Kata-kata memiliki kekuatan. Namun selalu mengeluh tentang masalah Anda akan membuat rekan kerja tidak merasa lebih baik. Begitu pun dengan Anda. Jangan buang waktu untuk mengeluh. Sebaiknya mintalah masukan untuk memecahkan masalah.

6. Mengontrol
Jika Anda selalu berusaha keras mengendalikan orang lain berarti memutuskan tujuan, impian bahkan sesuatu yang lebih penting bagi Anda. Terlalu mengontrol seringkali identik dengan kekuatan, otoritas, dan tekanan.

7. Mengkritik
Jika Anda lebih terdidik dan berpengalaman boleh saja mengkritik untuk perbaikan diri. Namun jika berlebihan, itu tidak akan membuat Anda lebih pintar atau lebih baik. Hargai perbedaan bukan kekurangan.

8. Mengingat kesalahan masa lalu
Kesalahan masa lalu berharga hanya sebagai bahan pembelajaran. Jangan selalu menyalahkan orang lain karena masa lalunya yang buruk. Lihatlah kesalahan sebagai kesempatan bersikap baik, pemaaf, dan lebih memahami orang lain.

9. Khawatir berlebihan
Semua orang yang baru meniti karier dan bisnis pasti akan selalu menebak apa yang mungkin terjadi. Diri sendiri pun lebih mudah ragu-ragu dan tidak percaya diri akan kemampuan.

Jangan biarkan ketakutan dan khawatir berlebihan menahan Anda untuk lebih maju. Rencanakan, bayangkan, dan wujudkan impian Anda.

10. Pemalas
Seorang pemalas yang tidak kreatif dan tidak cekatan akan memberikan dampak buruk bagi rekan kerja yang lain. Sebab, pekerja bertipe itu akan mengganggu jadwal pekerjaan yang seharusnya sudah diselesaikan.

Efek bekerja dengan pemalas, beban kerja orang lain akan bertambah banyak. Semakin lama justru membuat orang lain berpikir Anda berada di tempat yang salah.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar