Kamis, 11 Oktober 2012

Fakta-Fakta Tentang Bayi Yang Baru Lahir

Dalam artikel kali ini Pimz mau sedikit sharing tentang Fakta-Fakta Tentang Bayi Yang Baru Lahir. Pimz ngebahas tema ini, soalnya banyak banget hal lucu, aneh, atau mungkin sering hilang dari pengamatan kita tentang bayi yang baru lahir ini. Oceh dah… langsung aja yuk kita baca Fakta-Fakta Tentang Bayi Yang Baru Lahir.

1.      Tidur Pulas

Mungkin hal pertama ini udah sering temen-temen Pimz semua perhatiin. Tapi apa ada yang tau kalau ternyata para malaikat kecil ini, bisa tidur pulas selama 16-22 jam sehari? Buset dah, ternyata lama juga para malaikat kecil ini tertidur. Dan sepertinya, selain karena lapar, atau tidak nyaman karena baru buang air kecil atau besar. Bayi yang baru lahir pasti lebih milih buat tidur, ya daripada nonton tv, atau baca artikel di blog gitu. Hehe.


2.      Berat Badan Bayi Turun

Buat ibu-ibu muda yang baru punya bayi. Nggak usah kaget kalau berat bayi ibu-ibu turun di minggu pertamanya. Hal itu bisa terjadi karena di minggu pertama, bayi yang baru lahir akan mengeluarkan sejumlah cairan, serta kotoran pertamanya (mekonium). Penurunan berat badan bayi ibu-ibu sekitaran 5-10% dari berat badan ketika doi lahir. Barulah biasanya di minggu kedua, berat badan bayi ibu-ibu semua akan mengalami kenaikan sesuai usia bayi ibu-ibu semua.


3.      Hobi Nangis

Kalau kita-kita hobi browsing, atau chat-chatan di jejaring social. Ternyata bayi lebih seneng buat ngelakuin hobi yang nggak biasa. Hobinya nangis. Seperti kita ketahui, bayi yang baru lahir belum bisa berbicara. Dan tangisan inilah tanda dari para malaikat kecil ini, bisa jadi doi bosen, bisa jadi doi laper. Tapi kalau tangisnya berkepanjangan, ada baiknya ibu-ibu semua periksakan kepada dokter, bidan, atau klinik terdekat.


4.      Haus Belaian

Hobi aneh lainnya dari para malaikat kecil ini adalah, mereka sangat menyenangi belaian. Dari kelima indera bayi, indera peraba adalah yang paling awal berkembang," tutur dr. Anna Critz, dokter anak dari Emory University School of Medicine, Atlanta, Amerika Serikat. Sentuhan tangan ibu-ibu semua, jadi satu hal yang paling dirasakan oleh bayi-bayi ibu semua. Sekaligus hal yang bisa membantu perkembangan indera peraba para malaikat kecil ini.  


5.      Hobi Makan

Selain hobi tidur, hobi nangis, haus akan belaian. Aktivitas bayi yang menonjol lainnya adalah makan, alias minum ASI. Lambung doi yang kecil emang nggak bisa nampung ASI banyak, lambung doi cuman bisa nampung ASI sekitaran 100-an ml, ini yang ngebuat bayi seperti punya jadwal "makan" hampir setiap 2-3 jam. Kalau bayi ibu-ibu udah kenyang, bisa diketahui dengan tanda doi berhenti nyusu lagi.

Itulah kiranya artikel sharing Pimz kali ini, tentang Fakta-Fakta Tentang Bayi Yang Baru Lahir. Semoga bisa menambah wawasan, serta bermanfaat buat temen-temen Pimz semuanya. Thanks All.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar