Minggu, 09 Desember 2012

Sakit Punggung? Setop Merokok!

Banyak manfaat setelah berhenti merokok. Salah satunya bagi pasien sakit punggung. Rasa sakit yang dirasakan ternyata berkurang setelah tidak merokok lagi. Begitu hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Joint Surgery (JBJS).

Temuan itu membuktikan kesimpulan lama bahwa merokok meninggikan risiko sakit di punggung dan tulang belakang. Pada kondisi terburuk, pasien terpaksa menjalani operasi.

Para peneliti menemukan dari 5.300 pasien dengan keluhan sakit punggung dan kaki yang diteliti, proses penyembuhan mereka meningkat lebih cepat saat diminta menghentikan kebiasaan merokok.

Menurut Glenn R Rechtine, salah seorang peneliti dari Department of Orthopaedics University of Rochester, Amerika Serikat, hal itu dikarenakan nikotin meningkatkan rasa sakit.

"Jika berhenti merokok selama pengobatan, Anda bisa merasa lebih baik," katanya. Sebaliknya, lanjutnya, apabila terus merokok selama pengobatan, secara statistik tidak akan ada perkembangan apa-apa, tidak peduli perawatan apapun yang digunakan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar