Kamis, 11 Oktober 2012

5 Pemimpin Berusia Muda Di Amerika



Usia, yang konon katanya jadi salah satu tolak ukur tentang kedewasaan, perkembangan, pengalaman, serta dasar tumbuhnya tanggung jawab. Ternyata nggak selamanya bener. Seenggaknya buat beberapa nama yang bakalan Pimz sebutin dibawah ini. Karena dengan usia mereka yang muda, toh mereka bisa memegang amanat, yang telah di titipkan rakyatnya. Apalagi itu di sebuah Negara yang maju, seperti Amerika. So buat artikel yang bakalan Pimz sharing kali ini adalah 5 Pemimpin Berusia Muda Di Amerika.
Langsung aja kenalan yuk sama para pemuda tersebut.

1.      Derek Merrin


Derek Merrin terpilih menjadi Walikota Waterville, Ohio. Periode 2008-2011, membawahi 5.523 penduduk. Waktu doi masuk ke usianya yang 21 tahun. Ini membuatnya mencetak sejarah, menjadi walikota termuda di negara bagian Ohio, AS. Sebelum menjadi Walikota, doi sempat menjadi anggota dewan kota pada periode 2006-2007. Demikian seperti dilansir dari derekmerrin.com.
Memenangi kampanye walikotanya. Derek berhasil menggerakkan akar rumput, dengan cara mengetuk pintu setiap warganya di Waterville secara virtual. Isu utama yang doi usung saat itu adalah tentang kebijakan fiskal yang konservatif dan transparansi pemerintahan. Rupanya isu-isu yang diangkatnya berhasil menarik hati para pemilih. Dan membuatnya memenangkan pemilihan.


2.      Jeremy Yamaguchi


Jeremy Yamaguchi adalah nama pemimpin termuda berikutnya. Walikota Placentia, California, Amerika Serikat (AS) yang membawahi 50.533 warga kotanya ini. Waktu terpilih, di November 2011 lalu, masih berusia 22 tahun.
Dilansir media Register. Pada tahun pertama Jeremy menjabat sebagai walikota, program utamanya adalah menambah jam kerja, mengunjungi tiap sekolah dan menghidupkan kembali Dewan Kota Muda. Walikota muda yang satu ini, sebelum terpilh aktif di gerakan pramuka serta beberapa Ormas dan Lingkungan. Disamping kesibukannya sebagai walikota, saat ini Jeremy juga disibukan dengan studinya di Ilmu Politik, Callifornia State Fullerton.


3.      Alex Morse


Alex Morse, pemuda berusia 22 tahun yang baru lulus dari Brow University memenangkan pemilukada dan sukses menjadi Walikota Holyoke, Massachusets, AS di tahun 2011 lalu. Alex yang adalah cucu daro Walikota Holyoke Elaine Pluta. Berhasil mendapatkan 5 ribu suara sehingga ngebuat doi bisa memimpin wilayah dengan jumlah warga sekitar 40 ribu orang yang mayoritas dihuni keturunan Latin.“Saya memutuskan setengah tahun lalu untuk melakukan pencarian jiwa dan akhirnya memutuskan bahwa saya siap untuk posisi ini,” kata Alex pada CBS Boston yang dilansir Daily Mail. Doi juga mengatakan kalo doi melakukan pendekatan yang unik dan berbeda kepada warganya saat berlangsunya pemelihan di kotanya. “Saya memiliki percakapan substantif dengan warga di ruang tamu mereka, di dapur, dan di depan pintu dan mengatakan saya adalah kandidat satu-satunya yang orang bilang datang ke rumah mereka dan meminta dukungan. Saya berterus terang pada warga bahwa saya gay. Saya klaim itu,” kata Alex.

4.      Evan Low


Untuk nama di urutan ke 4 ada nama seorang pemuda yang bernama Evan Low. Doi adalah Walikota Campbell, California periode 2009-2010, yang membawahi 38 ribu warga, termasuk di Sillicon Valley. Sewaktu terpilih menjabat walikota usianya masih 26 tahun. Dan entah isu atau sudah menjadi satu titik penting. Tercatat bahwa Evan Low juga tak jauh berbeda dengan Alex Morse itu karena Evan Low juga adalah seorang gay.
Evan adalah walikota keturunan China, kelahiran 1983. Seorang sarjana dari jurusan ilmu politik, lulusan San Jose University. Kini doi menjabat sebagai anggota Dewan Kota Campbell.

5.      Bobby Jindall


Nama diurutan kelima ini memang tak semuda nama para pemimpin sebelumnya. Tapi Bobby Jindall, merupakan Gubernur Louisiana yang terpilih dua periode secara berturut-turut. Saat terpilih pada pertama kalinya, dia berusia 36 tahun, menjadikannya gubernur termuda di seluruh AS saat itu. Bobby Jindall adalah warga negara AS keturunan imigran India. Doi adalah lulusan ilmu politik Universitas Oxford. 
“Ayah dan ibu saya datang ke negara ini untuk mengejar impian Amerika. Dan tebak apa yang terjadi. Mereka menemukan impian Amerika dan hidup dengan baik di sini, di Louisiana,” kata Bobby dalam pidato kemenangannya.
Itulah daftar para pemuda yang berhasil menjadi pemimpin di satu lingkup yang besar. Terimakasih sudah mau membaca, dan terus semangat dengan cita-cita temen-temen Pimz semuanya. Thanks All.