Sabtu, 13 Oktober 2012

Agar Perdebatan tak Merusak Keharmonisan Pernikahan

IKATAN pernikahan pasti akan mengalami pasang surut. Kerikil-kerikil kecil bisa menjadi masalah besar bila diperdebatkan. Lalu, bagaimana cara agar perdebatan itu tak mengganggu keharmonisan Anda dengan pasangan?

Berdebat sih boleh saja. Tapi Anda dan pasangan tak boleh saling menyinggung perasaan. Berikut etika berdebat dengan pasangan agar keharmonisan Anda dan dia tak terganggu:

1. Mendengarkan
Satu sama lain perlu mendengarkan pendapat terkait masalah yang diperdebatkan. Apabila Anda dilanda frustasi dan marah, cobalah dengarkan dengan seksama apa yang pasangan utarakan.

2. Jangan menghina
Sindiran halus pun harus dihindarkan. Memang sangat mudah berkata tidak menyenangkan saat marah. Hal itu pun akan membuat argumen lebih buruk dan jauh dari isu netral.

3. Cari akar permasalahannya
Masalah datang dari berbagai isu yang berbeda. Secepatnya cari akar permasalahan dan berkomitmen menyelesaikannya segera agar tidak berkelanjutan di masa depan.

4. Jangan merasa benar sendiri
Berargumen dengan siapa pun jangan pernah merasa Anda benar sendiri. Apalagi terhadap pasangan. Cobalah untuk bertindak adil agar argumen tidak berlanjut menjadi lebih buruk. Mengalah bukan berarti Anda salah dan kehilangan jati diri.

5. Berikan jarak dan waktu
Jika emosi melanda, lebih baik jaga jarak tanpa harus berpisah sambil berintrospeksi diri. Dengan begitu Anda berdua mampu menetralisir amarah dan menghangatkan suasana kembali.

6. Selalu bersyukur
Perasaan bersyukur dalam setiap diskusi akan membantu Anda menjaga sesuatu dalam perspektif. Anda pun selalu mengingat mencintai pasangan.

Sumber: metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar