Jumat, 08 Februari 2013

Pekerjaan Membosankan Melahirkan Ide Kreatif

Pekerjaan Membosankan Melahirkan Ide Kreatif Rasa bosan bisa saja melanda Anda yang tengah berkutat dengan tugas-tugas kantor. Tapi, perasaan itu ternyata dapat mendorong sisi kreativitas Anda. Setidaknya itulah yang tertulis dalam konferensi tahunan British British Psychological Society Division of Occupational Psychology.

Peneliti, Sandi Mann dan Rebekah Cadman dari University of Central Lancashire, mengatakan pekerjaan yang membosankan melepaskan pikiran untuk mencari cara kreatif lepas dari kebosanan tersebut.

Semula peneliti menanyai 40 partisipan tentang pekerjaan yang membosankan di kantor masing-masing. Mereka kemudian diminta mengerjakan sebuah ide yang menggunakan cangkir polystyrene untuk memancing kreativitas pikiran.

Ternyata, mereka yang berkutat dengan pekerjaan membosankan dapat melahirkan ide-ide kreatif daripada orang yang selalu memikirkan ide.

Lalu, peneliti melakukan sebuah studi untuk mengecek seberapa kreatifnya para responden saat melamun. Penelitian kemudian memberikan pekerjaan yang sedikit lebih membosankan, berhubungan dengan angka.

Lagi-lagi, peneliti menemukan beberapa orang yang merasa bosan dengan pekerjaannya justru muncul dengan ide-ide hebat.

Banyak pihak mengatakan perlu menghilangkan kebosanan di tempat kerja. Namun sebaliknya, peneliti menyarankan merangkul kondisi itu dengan meningkatkan kreativitas.

"Apakah orang-orang yang bosan di tempat kerja menjadi lebih kreatif dalam bidang lain dari pekerjaan mereka? atau apakah mereka pulang ke rumah dan menulis novel?" tutur Mann.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar