Jumat, 08 Februari 2013

Cara Menjadi Pekerja Pintar

Tidak ada orang yang melarang Anda menjadi seorang pekerja keras. Sukses memang tak datang dengan sendirinya. Anda harus bekerja dengan tekun dan giat jika ingin berhasil. Tapi ada baiknya Anda bisa work smart, bukan sekadar work hard.

Work smart bisa diartikan memanfaatkan waktu, tenaga, dan pikiran dengan efektif. Orang yang memilih work hard akan terbiasa dengan lembur. Ketidakefektifan tersebut tentunya akan menghambat karier. Berikut beberapa cara untuk menjadi work smart:

1. Manfaatkan waktu dengan efisien dan efektif
Tidak perlu lembur jika tidak sangat diperlukan. Maksimalkan jam kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas, supaya bisa pulang tepat waktu. Waktu luang serta hari libur merupakan hal yang sangat berharga. Anda bisa memnfaatkan hari libur dan waktu luang untuk menambah pemasukan dengan pekerjaan sampingan.

2. Istirahat dan jaga kesehatan
Kesehatan merupakan aset yang paling berharga. Uang atau harta sebanyak apa pun tidak akan bisa dinikmati, jika Anda tidak memelihara kesehatan.

3. Jangan memaksakan diri melakukan sesuatu
Boleh saja membantu teman. Tapi Anda juga bukanlah superwoman ataupun superman. Jangan sampai tenaga, waktu, apalagi uang Anda terkuras dengan sia-sia hanya demi membantu teman.

4. Hati-hati dengan comfort zone
Seringkali Anda bertahan di satu tempat kerja hanya karena nyaman, terbiasa, dan takut memulai sesuatu yang baru. Padahal, sebenarnya hasil kerja Anda kurang dihargai, gaji relatif kecil, tunjangan atau fasilitas kurang memadai, dan sebagainya. Jangan ragu untuk mengembangkan potensi dan mencari penghasilan yang lebih baik.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar