Senin, 18 Februari 2013

Ciri-Ciri Masyarakat Modern




Artikel Pimz kali ini, sangat simple dan sebenernya jarang banget orang bahas atau sengaja diangkat tema dalam satu diskusi. Kok bisa yakin gitu sih Pimz? Mangnya kata siapa?
Atas 2 pertanyaan diatas, maka Pimz bakalan jawab. Ya iyalah kata Pimz. Hihih.
Judul artikel kali ini tentang Ciri-Ciri Masyarakat Modern. Artikel ini berdasarkan dari rumusan Profesor Alex Inkeles, beliau adalah sosiolog dari Universitas Harvard. Okeh silahkan temen-temen Pimz simak, guna mengetahui apakah sudah modern, atau belum. Hihihi… kidding cui…

  1. Orang modern mempunyai sifat terbuka terhadap perubahan-perubahan dan mengakui bahwa hari esok sangatlah mungkin berbeda dengan hari kemarin. Tidak terlalu optimis akan berada di papan atas selamanya, namun juga tidak terlalu pesimis akan tetap terinjak di lapisan bawah seumur hidup. Dengan demikian, orang modern akan selalu optimis, relevan, serta objektif dalam menilai masa lalu serta masa depannya.

  1. Berwawasan tinggi, karena seorang modern harus bisa menyelesaikan satu bahasan masalah yang terkadang bukan didalam cakupannya.

  1. Selanjutnya cirri orang modern, adalah sangat berorientasi pada masa sekarang dan masa depannya. Sebuah masa lalu, hanya menjadi satu hal yang harus dirubah dimasa sekarang. namun bukan menjadi penghalang bagi kelangsungan masa depan.

  1. Penuh perhitungan. Orang yang hanya mendalkan insting, tanpa merencakan. Bisa dikategorikan menjadi orang kuno. Akan tetapi perencanaan disini, bukan berarti menunggu agar semua kondisi dan situasi kondusif untuk melakukan rencananya. Tapi lebih kepada mengetahui, serta melakukan perencanaan. Orang lambat melakukan, atau mewujudkan rencananya dengan terlalu panjang berfikir, sehingga rencananya gagal saat masih dalam pikiran. Jelas bukan cuman orang kuno, tapi juga orang kurang beruntung. Hihihi.

  1. Bisa dan yakin mampu mempengaruhi, bukan malah dipengaruhi. Adalah sikap orang modern. Dengan kata lain, orang yang latah. Atau malah mengikuti satu kebiasaan tanpa tau manfaat baginya. Bisa dikatakan masih kuno.

  1. Hasil memang bukan manusia yang menentukan. Tapi bukan berarti manusia harus melakukan sesuatu dengan berdasar kepada nasib-nasiban. Orang modern bukan tipikan orang seperti ini. Mereka yang terpenjara pada takhayul, serta kurungan dari ramalan. Jauh dari sikap serta pemikiran orang modern.

  1. Orang modern punya keyakinan akan faedah ilmu pengetahuan dan teknologi, bukannya ramalan dan angan-angan kosong.

  1. Orang modern memiliki kepercayaan terhadap apa yang disebut "distributive justice" yakni hasil yang diperoleh semata-mata akibat jasa yang diberikan dan bukan oleh sebab-sebab lain. Mereka yang mendapatkan faedah sematamata karena koneksi, relasi, hubungan keluarga, dan mereka yang memperoleh kemudahan serta fasilitas bukan dari hasil kerja keras, peras otak, sebenarnya tak ada kaitan sama sekali dengan orang modern, betapapun berkilau dan menterengnya mereka di mata lingkungan.


Sekian sharing artikel Pimz kali ini tentang Ciri-Ciri Masyarakat Modern. Semoga artikel Pimz kali ini bisa bermanfaat buat temen-temen Pimz semuanya. Thanks. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar