Jumat, 08 Februari 2013

6 Kiat Sukseskan Merger Perusahaan

6 Kiat Sukseskan Merger Perusahaan
Untuk mempercepat pertumbuhan usaha, dua perusahaan atau atau unit bisnis bisa saja bersinergi atau biasa disebut merger. Jika Anda bekerja di perusahaan yang baru saja melakukan penggabungan dengan perusahaan lainnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memuluskan proses transisi.

1. Ketahui bahwa sinergi dalam merger perusahaan tidak mudah. Meskipun teori dan aturan sudah disahkan di atas putih, selayaknya penggabungan sesuatu yang berbeda merupakan hal yang tidak mudah. Diperlukan waktu untuk saling belajar dan melengkapi, sehingga perusahaan merger memperoleh tujuan (goal) yang diharapkan. Untuk itu, berusahalah untuk cepat berbaur dengan lingkungan dan juga tugas.

2. Turut berperan meningkatkan sinergi. Jangan pernah beranggapan bahwa perusahaan Anda sebelumnya merupakan posisi yang terbaik. Di sini Anda telah bergabung, dan sinergi dalam hal kinerja merupakan hal yang utama.

3. Berkomunikasi secara lebih efektif. Jangan juga beranggapan bahwa Anda hanya perlu asyik dengan pekerjaan lama Anda. Berbaurlah dengan kondisi ruang kerja Anda yang baru. Bertukar pendapat bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi bentuk pekerjaan yang keliru atau menumpuk karena salahnya sistem komunikasi.

4. Tetap hargai rekan kerja Anda. Meskipun perusahaan Anda terkesan menduduki posisi teratas, jangan sampai Anda menjadi besar kepala. Tetaplah bersikap saling menghargai sesama rekan kerja, terutama bagi mereka yang lebih senior dan terbukti memiliki pengalaman serta pengetahuan yang lebih.

5. Mintalah urutan tugas secara jelas. Meskipun perusahaan sudah menjadi satu-kesatuan, Anda harus menanyakan perihal tugas lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya tumpang-tindih pekerjaan.

6. Cepat mempelajari hal baru. Di sini Anda dituntut untuk mengerjakan beberapa pekerjaan yang mungkin belum pernah Anda sentuh sebelumnya. Untuk sukses dalam merger perusahaan, Anda harus cepar mempelajari beberapa tugas baru yang diserahkan atasan Anda. Jangan malu untuk mempelajarinya dengan rekan lainnya.

7. Jangan pernah berpikir bahwa Anda lebih pintar. Bersikaplah santai dan rendah hati jika Anda memang memiliki kapasitas dan kemampuan di bidang tertentu. Jangan ragu dan pelit untuk membagi ilmu Anda kepada rekan lainnya.

6. Jangan menutup diri. Salah satu gagalnya sebuah merger adalah kurangnya upaya para pekerja untuk membuka diri dengan tim dari perusahaan lainnya. Untuk itu jangan berdiam diri dan mengotak-ngotakkan jabatan. Sikap berbaur merupakan pilihan yang tepat.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar