Sabtu, 13 Oktober 2012

Hatta: Produksi Massal Mobil Listrik Mulai 2017

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menargetkan produksi massal mobil listrik di Indonesia dapat dimulai pada 2017. Produksi massal dilakukan setelah melalui tahap pengujian. Hal itu dikatakan Hatta Rajasa di Tokyo, Selasa (9/10), di sela acara "4th Indonesia-Japan Joint Economic Forum".

Hatta mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik sebagai alternatif untuk meningkatkan efisiensi energi dalam isu global energi. Ia sendiri mendorong dan menyatakan setuju bila mobil listrik pada tahap awal digunakan dalam skala-skala kecil, termasuk di perumahan-perumahan sebagai kendaraan "feeder" atau pengumpan.

"Sebetulnya kendaraan listrik sudah bisa digunakan untuk skala yang kecil. Misalnya di perkotaan atau di perumahan. Saya setuju kalau dalam rentang 2013-2014 semua pihak memulai untuk menggunakan mobil listrik di skala yang kecil," ujarnya.

Hal itu menurut Hatta dalam menjadi salah satu upaya rintisan menuju fase produksi massal mobil listrik. "Ini harus dimulai sehingga kita memiliki tahapan jelas untuk menuju fase proven produksi massal," tuturnya.

Hatta melontarkan gagasan penggunaan mobil listrik dalam pertemuan tingkat tinggi APEC di Nusa Dua, Bali, pada 2013. Mobil listrik sekaligus dijadikan ikon kendaraan ramah lingkungan dalam pertemuan itu.

Sumber: metrotvnews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar