Minggu, 06 Januari 2013

OS Ubuntu untuk Smartphone Resmi Mendarat

Pasca menampilkan banner hitungan mundur peluncuran produk terbaru. Kini sistem operasi (OS) Ubuntu resmi mendarat.

Dilansir dari Neowin, Kamis (3/1/2013), Canonical resmi meluncurkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone di London dini hari tadi.

Canonical memperkenalkan sebuah pengambangan OS berbasis Linux yang dapat dipasang secara cuma-cuma yang menonjolkan antar muka layarsentuh. Versi OS terbaru ini dibuat secara khusus untuk semua jenis perangkat, baik kelas high end ataupun kelas "rakyat" alias ekonomis.

Endgadget melaporkan bahwa dalam peluncurannya, OS tersebut berjalan pada smartphone Galaxy Nexus. "Gerakan jempol dari keempat tepi layar memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan beralih menggunakan aplikasi lebih cepat ketimbang ponsel lain," kali Canonical.

Dalam sejumlah hal, OS Ubuntu untuk smartphone ini mirip-mirip dengan Windows 8 dalam hal interaksi. Sementara itu, Canonical mendorong versi baru dari Ubuntu untuk smartphone di pasar enterprise, dengan begitu, OS pada smartphone dapat terintegrasi dengan PC, dan server. Sayangnya, pihaknya belum membuat pengumuman vendor atau opertor mana yang tertarik membuat smartphone berbasis Ubuntu.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar