Minggu, 06 Januari 2013

Minuman Berenergi Bahaya, Jika...

Minuman olah raga memiliki tujuan yang jelas yaitu meningkatkan tingkat energi selama latihan.

Namun kini minuman itu juga banyak dikonsumsi oleh mereka yang tidak sedang berolahraga seperti di kantor atau rumah. Padahal ini sangat beresiko bagi kesehatan.

Pusat keamanan makanan di Eropa menekankan bahwa minuman isotonik dirancang bagi mereka yang secara teratur dan aktif berolahraga dan sebagian besar melakukan latihan daya tahan selama lebih dari 45 menit.

Setiap 500 mililiter minuman berenergi setidaknya bisa membakar 150 kalori saat jogging selama 20 menit, bukan ketika duduk di kursi di kantor.

Minuman ini juga mengandung kadar kafein yang tinggi yang dapat meningakatkan tingkat energi seseorang jika ia memiliki latihan yang panjang.

Tapi, minuman ini ternyata juga dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung dan gangguan perilaku. Tentu saja ini akan memperburuk kondisi mereka.

Di Inggris, minuman olahraga ikut dikonsumsi oleh 11 juta orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Orang-orang mengkonsumsi minuman isotonik di tempat kerja, merasakan kelelahan atau kekurangan energi. Misalnya, setiap lima dari 2000 warga Inggris yang disurvei, katanya dia mengkonsumsi minuman tersebut saat merasa lelah, dan 18% menggunakan mereka sebagai sarana mabuk.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar