Tidak ada orang yang melarang Anda menjadi seorang pekerja keras. Sukses
memang tak datang dengan sendirinya. Anda harus bekerja dengan tekun
dan giat jika ingin berhasil. Tapi ada baiknya Anda bisa work smart, bukan sekadar work hard.
Work smart bisa diartikan memanfaatkan waktu, tenaga, dan
pikiran dengan efektif. Orang yang memilih work hard akan terbiasa
dengan lembur. Ketidakefektifan tersebut tentunya akan menghambat
karier. Berikut beberapa cara untuk menjadi work smart:
1. Manfaatkan waktu dengan efisien dan efektif
Tidak perlu lembur jika tidak sangat diperlukan. Maksimalkan jam kerja
untuk menyelesaikan tugas-tugas, supaya bisa pulang tepat waktu. Waktu
luang serta hari libur merupakan hal yang sangat berharga. Anda bisa
memnfaatkan hari libur dan waktu luang untuk menambah pemasukan dengan
pekerjaan sampingan.
2. Istirahat dan jaga kesehatan
Kesehatan merupakan aset yang paling berharga. Uang atau harta sebanyak
apa pun tidak akan bisa dinikmati, jika Anda tidak memelihara kesehatan.
3. Jangan memaksakan diri melakukan sesuatu
Boleh saja membantu teman. Tapi Anda juga bukanlah superwoman ataupun superman. Jangan sampai tenaga, waktu, apalagi uang Anda terkuras dengan sia-sia hanya demi membantu teman.
4. Hati-hati dengan comfort zone
Seringkali Anda bertahan di satu tempat kerja hanya karena nyaman,
terbiasa, dan takut memulai sesuatu yang baru. Padahal, sebenarnya hasil
kerja Anda kurang dihargai, gaji relatif kecil, tunjangan atau
fasilitas kurang memadai, dan sebagainya. Jangan ragu untuk
mengembangkan potensi dan mencari penghasilan yang lebih baik.
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar