MENDAPATKAN pekerjaan baru artinya Anda harus berhadapan dengan lingkungan baru pula. Besar kemungkinan Anda akan menjadi pusat perhatian.
Lantaran itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal sebelum melangkahkan
kaki ke kantor baru, seperti cara berpakaian dan keterampilan
berkomunikasi. Nah, berikut beberapa persiapan yang Anda perlukan:
1. Berpakaian yang pantas
Hal pertama yang harus diingat saat memulai pekerjaan baru adalah
berpakaian tepat sesuai lingkungan kerja. Pelajari apa yang biasa
dikenakan rekan kerja dan bos.
Misalnya menjaga penampilan mengenakan rok pensil, kemeja putih, dan
sepatu hak tinggi klasik. Bergaya sedikit leboh baik daripada terlalu
ceroboh.
2. Jangan terlambat
Transportasi umum yang mengerikan dan padatnya lalu lintas, membuat
Anda harus berangkat lebih awal selama beberapa pekan. Mulailah
rutinitas awal di kantor dengan secangkir kopi dan koran pagi.
3. Cek ulang pekerjaan
Satu hal yang sering diabaikan saat memulai pekerjaan baru adalah
proofreading. Anda wajib membaca email sebelum menekan tombol 'Send'.
Kesalahan ketik dan bahasa bisa menjadi bendera merah.
4. Hindari menggosip di kantor
Sebelum Anda saling curhat dengan teman baru, sebaiknya pastikan
orang-orang tersebut dapat dipercaya. Selain itu, hindari ajakan rekan
kerja untuk membicarakan kejelekan bos Anda.
5. Selalu bertanya
Sangat penting mengajukan pertanyaan. Seperti apakah Anda memerlukan
saran tentang cara menyelesaikan tugas? Namun pastikan mengajukan
pertanyaan ketika bos tidak memiliki setumpuk pekerjaan di mejanya.
6. Hindari mengambil cuti secepatnya
Jangan terburu-buru mengambil cuti untuk berlibur. Dengan begitu, Anda pun akan dilihat sebagai pekerja handal.
7. Mengatur profil media sosial menjadi koneksi privat
Satu hal yang perlu diingat, memulai pekerjaan baru adalah menjaga
kehidupan pribadi. Atur profil media sosial menjadi privat untuk
keamanan kerja. Hal itu menjamin bos tidak mudah mengakses kelakukan
Anda melalui foto-foto.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar